LOGO PENGGEMBALAAN USKUP BARU MAUMERE

206
Logo penggembalaan Uskup Maumere, Mgr Edwaldus Martinus Sedu (Dok. Panitia Tahbisan Uskup Maumere)
LOGO PENGGEMBALAAN USKUP BARU MAUMERE
5 (100%) 2 votes

HIDUPKATOLIK.com – PANITIA tahbisan Uskup Maumere merilis logo penggembalaan Mgr Edwaldus Martinus Sedu, Jumat, 31/8/2018. Logo itu berupa perisai episkopal yang terbagi menjadi tiga bagian: dua bagian di atas –kiri dan kanan–, dan satu bagian di sebelah bawah.

Di bagian atas sebelah kiri, dengan latar belakang berwarna merah terdapat burung merpati dan tujuh pancaran sinar melambangkan Roh Kudus dengan tujuh karunia-Nya yang tercurah atas Gereja serta tujuh sakramen gerejani; sumber kehidupan dan kekuatan Gereja.

Di bagian kanan, dengan latar belakang berkelir putih terdapat ikan, gandum, dan salib dengan huruf ‘P’ melambangkan Kristus dan Ekaristi menjadi pusat dan puncak dari perziarahan Gereja menuju persatuan dengan Allah dalam semangat ketulusan dan kerendahan hati.

Di bagian bawah, terdapat perahu dengan layar bermotif kain tenun adat serta ada orang  banyak beraneka warna yang saling berpegangan tangan melambangkan wilayah teritorial Gereja lokal Keuskupan Maumere yang terdiri dari keanekaan etnis dan budaya, golongan dan profesi yang sudah bersatu, berbagi, bersolider, dan mau lebih “bertolak ke tempat yang dalam”(duc in altum).

Di atas perisai ditempatkan sebuah galero berwarna hijau, dengan enam jumbai pada masing-masing sisi. Di bagian tengah belakang perisai terdapat salib pancang berwarna kuning keemasan, penanda bahwa sang empunya lambang adalah seorang uskup, sebagai pemimpin yang mengayomi dan melayani.

Yanuari Marwanto

 

Redaksi website HIDUPKATOLIK.COM akan menerbitkan secara GRATIS semua artikel seperti info kegiatan, refleksi, resensi, agenda/rencana kegiatan dan sebagainya di web HIDUPKATOLIK.COM. Semua artikel anda akan kami viralkan juga di semua media sosial. Kami pastikan akan dibaca dan diketahui oleh ratusan ribu pembaca online. Agar dapat diterbitkan, Artikel wajib dilengkapi Foto/Gambar ilustrasi. Kirim ke email: [email protected].

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here