Padus Ascensio Binaan Romo Tanto Rayakan Usia 40 tahun dalam Konser Lagu Rohani Anak

215
Romo Soetanto SJ memimpin Paduan Suara Ascensio dalam acara perayaan 40 tahun berkarya pada Sabtu,8/9 di Gereja St Theresia, Menteng, Jakarta. [HIDUP/FSS]
Padus Ascensio Binaan Romo Tanto Rayakan Usia 40 tahun dalam Konser Lagu Rohani Anak
5 (100%) 2 votes

HIDUPKATOLIK.com Konser Lagu Rohani Anak dalam rangka 40 tahun Paduan Suara (PS) Ascensio, berlangsung dengan semarak pada Sabtu, 8/9 di Gereja St Theresia, Menteng, Jakarta, bersamaan dengan tanda syukur atas usia Pastor Antonius Soetanto, SJ yang telah genap berusia 80 tahun.

PS Ascensio yang berada di lingkup Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) adalah paduan suara (padus) anak dan remaja yang diprakarsai oleh Pastor Antonius Soetanto, 40 tahun lalu.

Padus ini menjadi wadah berlatih bagi anak-anak dan remaja untuk menjadi pemusik liturgi handal, hingga kemudian dapat berperan di paroki sebagai penyanyi dalam padus, pemazmur, organis, bahkan dirigen.

Romo Soetanto, demikian sapaan akrabnya, yang telah genap berusia 80 tahun pada 23 Agustus lalu, adalah salah satu komponis terbaik Gereja Katolik Indonesia. Buah karyanya dapat dilihat di buku Madah Bakti atau Puji Syukur. Termasuk melatih, menulis lagu, membuat aransemen, orkestrasi, dan mengurus berbagai keperluan Padus Ascensio.

“ASCENSIO itu tempat anak-anak saling belajar. Yang lebih senior mengajar adik-adiknya, sehingga regenerasi bisa berlangsung setiap saat,” tulis romo dalam catatan blog hurek.

Hingga kini, lulusan Institut Musik Gereja Katolik di Utrecht, Belanda (1973-1977), masih aktif mendampingi anak-anak berlatih di Gereja St. Fransiskus Xaverius Tanjung Priok Jakarta dan Gereja St Servatius-Paroki Sawah Bekasi. Dalam kesempatan konser malam ini turut tampil Padus Salve Regini, Padus Laudate, dan Padus Suara Spiritus Servientes.

Paduan Suara Laudate turut menyumbangkan suara pada perayaan 40 tahun Paduan Suara Ascensia. [HIDUP/FSS]
“Bukan mudah menjalankan dan mempertahankan sebuah paduan suara hingga mencapai selama 40 tahun. Cara berlatih dan nilai-nilai keagamaan Katolik yang ditanamkan oleh Romo Tanto masih sama kami praktekkan, hingga saat ini,” kata Rachma Rachel Siagian, Ketua Panitia Konser “The Precious Journey” ini.

Konser The Precious Journey dimeriahkan pula oleh penampilan PS Salve Regina. [HIDUP/FSS]

Fransihol Siagian

 

Redaksi website HIDUPKATOLIK.COM akan menerbitkan secara GRATIS semua artikel seperti info kegiatan, refleksi, resensi, agenda/rencana kegiatan dan sebagainya di web HIDUPKATOLIK.COM. Semua artikel anda akan kami viralkan juga di semua media sosial. Kami pastikan akan dibaca dan diketahui oleh ratusan ribu pembaca online. Agar dapat diterbitkan, Artikel wajib dilengkapi Foto/Gambar ilustrasi. Kirim ke email: [email protected].

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here