Andang Binawan SJ: Anak Muda Membutuhkan Komunitas

264
Pastor Andang Binawan, SJ memimpin misa bersama ke-13 imam lainnya, Harris OSC, Chris Purba SJ, Bambang Wirjo, Ciroi SX, Paulus Dwi Hardianto, Advent SJ, Letkol Yos Bintoro SJ. Josep Ferry Susanto Pr, Anto, Antonius Haryanto (Hary), Rudy Hartono, Hari, dan Pastor Adi. [HIDUP/Antonius BIlandoro]
Andang Binawan SJ: Anak Muda Membutuhkan Komunitas
4 (80%) 3 votes

HIDUPKATOLIK.com Vikaris Keuskupan (Vikep) Kategorial KAJ, Pastor Al.Andang L.Binawan, SJ membuka ajang JOYFest 2018 pada Selasa, 11/9, di ICE BSD, Serpong, Tangerang.

JOYFest2018 merupakan singkatan dari Jakarta Catholic Youth Festival 2018. Acara
ini diselenggarakan oleh komunitas OMK (Orang Muda Katolik) dibawah naungan
Pertemuan Mitra kategorial (PEMIKAT) KAJ.

Dalam homilinya, Pastor Andang mengungkapkan akan maraknya perilaku individualisme ditengah kalangan anak muda membuat anak muda termasuk di Indonesia bersikap acuh tak acuh terhadap sesamanya. Tak jarang ditemukan, anak muda menjadi terasing bahkan mengasingkan diri dari pelukan Bunda Gereja.

Untuk itu pada acara JOYFest,11/9, Pastor Andang Binawan SJ selaku Pembina Pemikat (Pertemuan Mitra Kategorial) mengajak anak muda yang merasa terasing, bahkan sudah atau mau meninggalkan imannya untuk kembali ke dalam Gereja.

Kepada para peserta JOYFest yang hadir, Pastor Andang berpesan untuk menikmati dan membuka diri terhadap perjumpaan dengan yang lain. “Perjumpaan ini sekaligus untuk mengingatkan panggilan menjadi berkat bagi sesama dan dunia.”

Sebagai upaya merengkuh kembali iman anak muda, Panitia JOYFest mengundang lebih dari 20 Komunitas berlandaskan iman Katolik guna menumbuhkan ‘sensus catolicus‘ orang muda. “Kita membutuhkan komunitas, kita membutuhkan orang lain. Melalui komunitas kita dipanggil untuk berakar, bertumbuh dan berbuah dalam segala kekurangan kita. Selamat berbuah dalam acara ini! ” tutur Pastor Serikat Yesuit ini dalam Misa Pembukaan JOYFest 2018.

Misa-Perutusan Baru Dimulai
Ketua Umum DPH, Joseph Satria, sebelum misa berakhir, menyampaikan terimakasih kepada Menteri ESDM, Ignasius Jonan, telah berkenan hadir untuk mendukung acara ini. Semoga teladannya bisa memberikan pengaruh positif bagi yang hadir disini. Juga berterimakasih kepada Suster Cristina Scucia, OSU yang telah hadir pada 9/11, juga dapat meningkatkan pelayanan kita.

Juga kepada Matt Maher dan kerabat keluarganya, semoga kehadirannya menambah kemeriahan pesta sukacita kita. “I hope you enjoy, can’t wait to hear your voice tonight..

Juga kepada para Pastor, Suster, Bruder, Frater, paduan suara dan Canisius Ensemble yang telah berkenan datang mengisi misa ekaristi hari ini. Dan kepada semua sponsor dan donatur yang datang hari ini.

Ucapan terimakasih juga disampaikan, khususnya kepada panitia yang telah berkarya. “Semoga semua persembahan kita berkenan di mata Tuhan, memperkuat iman, harapan, dan kasih untuk kita semua,” mewakili seluruh elemen panitia menyampaikan terimakasih.

Pastor Andang meneruskan pesan dari Uskup KAJ, Mgr Ignatius Suharyo bahwa para Uskup saat ini sedang berada di Sanggau, pedalaman Kalimantan, sehingga salam sangat khusus disampaikan oleh beliau. “Misa baru akan dimulai, dipanggil untuk membagikan berkat yang kita terima, supaya orang lain juga merasakan kasihNya,” pungkas Pastor Andang seraya memberikan berkat ekaristi.

 

Felicia Permata Hanggu/ Antonius Bilandoro

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here