Mgr Ludovicus Simanullang, OFMCap Dirawat di RS Santa Elisabeth

2248
Mgr Ludovikus Simanullang OFM Cap.
[Dok.HIDUP]
Mgr Ludovicus Simanullang, OFMCap Dirawat di RS Santa Elisabeth
5 (100%) 2 votes

HIDUPKATOLIK.com Uskup Keuskupan Sibolga, Mgr Ludovicus Simanullang, OFMCap saat ini masih dirawat di RS Santa Elisabeth, Medan. Berita yang diteruskan dari whatsap group (wag) eks SMA Seminari Menengah Pematang Siantar (Corona Mea Vos Estis) menyebutkan Mgr Ludovicus sedang dalam perawatan intensif.

Sekretaris Keuskupan Sibolga, Pastor Blasius Super Yesse, Pr dalam komunikasi via whatsapp sore ini dengan Hidupkatolik.com menuturkan, “Mohon bersabar dulu. Operasi yang sudah dilaksanakan adalah operasi batu di saluran empedu, bukan ginjal. Yang lain, saya belum bertemu dokter,” tulisnya.

Sementara dalam pemberitaan melalui wag sebelumnya sempat disebutkan adanya batu ginjal kronis yang menyebabkan saluran kemih meradang dan membengkak. Tindakan tembak laser dan penggunaan kateter menjadi satu upaya tindakan medis yang cukup berhasil pada Selasa, 11/9.

Meski demikian, diketahui kinerja jantung dan paru-paru yang sudah melemah beberapa tahun sebelumnya. Mgr Ludovicus yang telah menggunakan alat bantu pernafasan, direncanakan akan menerima Sakramen Perminyakan Suci (Pengurapan Orang Sakit) dari Uskup Agung Medan, Mgr Anicetus B. Sinaga, OFMCap pada Rabu ini (pukul 16.00 WIB), 12/9 di RS St Elisabeth, Medan.

Perayaan Tahbisan Episkopal
Dilansir dari laman keuskupansibolga.org, dalam perayaan 10 tahun tahbisan episkopal Mgr Ludo pada 20/5, tahun lalu, secara khusus, umat Katolik di Keuskupan Sibolga khususnya Dekenat Tapanuli merayakan syukur ini.

Dalam kesempatan itu, Sr. Dominika Nababan, OSF menuliskan, “Selamat Pesta Mgr. Ludovicus yang kami kasihi, semoga tetap sehat, bahagia dan bijaksana membimbing kami umatmu di Keuskupan ini. Doa kami menyertai perjalanan Bapak Uskup dan berjalan bersama memajukan Keuskupan Sibolga ini. Pace e Bene,” tulisnya.

Kini, segenap doa kiranya dapat kita panjatkan agar Mgr. Ludo dapat sehat kembali seperti sediakala.

Crux Spes Unica
Dr. Ludovikus Simanullang, OFMCap, pastor kelahiran Sogar, Barus pada 23 April 1955 itu memilih motto penggembalaan “Crux Spes Unica” (Salib harapan satu-satunya).

Menurut catatan dari Pusat Data Tokoh Indonesia dari Keuskupan Sibolga, Pastor Ludovikus Simanullang, OFM Cap ditahbiskan Imamat pada 10 Juli 1983 dan memulai pengabdian di paroki Tarutung Bolak. Kemudian tahun 1988-1993 ia melanjutkan studi di Universitas Antonianum Roma.

Setelah menyelesaikan studinya, ia kembali ke tanah air. Lalu tahun 1993-1997 ia menjabat Magister Postulan Mela sekaligus moderator Paroki Tarutung Bolak. Pengangkatannya secara resmi diumumkan Vatikan pada tanggal 14 Maret 2007 dan ditahbiskan pada Minggu, 20 Mei 2007.

Kemudian terpilih menjadi Minister Provinsial di Propinsi Kapusin St. Fidelis (Sibolga) periode 1997-2003. Pada tahun 2006, terpilih lagi sebagai Minister Propinsial untuk ketiga kalinya. Selain itu, ia juga aktif sebagai formator para frater di STFT St Yohanes Pematang Siantar.

Upacara penahbisannya sebagai Uskup Keuskupan Sibolga diselenggarakan pada Minggu, 20 Mei 2007 pukul 09.00 WIB. Upacara itu dimulai dengan prosesi dari Katedral menuju tempat perayaan di lapangan Simaremare, Sibolga. Ia menerima tahbisan Episkopal dari Duta Besar Vatikan, Mgr. Leopoldo Girelli. (Sumber: Blasius S. Yesse Pr, Sekretaris Keuskupan Sibolga)

 

Anton Bilandoro

Redaksi website HIDUPKATOLIK.COM akan menerbitkan secara GRATIS semua artikel seperti info kegiatan, refleksi, resensi, agenda/rencana kegiatan dan sebagainya di web HIDUPKATOLIK.COM. Semua artikel anda akan kami viralkan juga di semua media sosial. Kami pastikan akan dibaca dan diketahui oleh ratusan ribu pembaca online. Agar dapat diterbitkan, Artikel wajib dilengkapi Foto/Gambar ilustrasi. Kirim ke email: [email protected].

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here