Tema Hari Komunikasi Dunia Ke-53 Diumumkan

102
Paus Fransiskus telah mengumumkan tema Hari Komunikasi Dunia ke-53 untuk tahun 2019. [dok.vaticannews.va]
Tema Hari Komunikasi Dunia Ke-53 Diumumkan
5 (100%) 3 votes

HIDUPKATOLIK.com Paus Fransiskus telah mengumumkan tema Hari Komunikasi Dunia ke-53 untuk tahun 2019. Terinspirasi dari surat Rasul Paulus kepada jemaat di Efesus bab 4:25 “Kami adalah sesama anggota: dari Komunitas Maya ke Komunitas Nyata” menjadi tema yang dipilih Paus seperti dilansir asianews.it, 29/9.

Menurut Kantor Pers Vatikan, tema ini menggarisbawahi pentingnya menambahkan kembali arti luas dari komunikasi yang bertumpu pada sosok pribadi, ditambah dengan nilai interaksi yang dipahami sebagai dialog dan kesempatan untuk bertemu dengan orang lain.

Lebih lanjut, tema ini menjadi salah satu sarana panggilan untuk berefleksi tentang keadaan dan sifat hubungan yang dibangun oleh manusia masa kini melalui jejaring internet. Sifat hubungan tersebut dimulai dari gagasan berkomunitas sebagai jaringan antar manusia dalam keutuhannya.

Kantor Siaran Pers Vatikan juga menyoroti beberapa tren yang berlaku dalam jejaring sosial justru kembali menanyakan kepada setiap kita tentang pertanyaan mendasar: sejauh mana kita dapat berbicara tentang komunitas nyata dalam menghadapi logika yang mencirikan beberapa komunitas di media sosial?

Di mana dalam metafora dunia web, ia menawarkan sosok komunitas solidaritas yang dibangun berdasarkan pada aksi mendengarkan atau pada tataran dialog yang merujuk pada penggunaan bahasa secara bertanggung jawab.

Oleh karena itu, Bapa Suci dalam pesan pertamanya untuk Hari Komunikasi Dunia pada tahun 2014 yang lalu menyerukan, agar internet menjadi ‘lingkungan yang kaya dalam kemanusiaan: jejaring yang bukan hanya terdiri dari kabel, melainkan dari kumpulan individu’.

Pilihan tema untuk Komunikasi Sosial Dunia ke-53 ini sekaligus menegaskan kembali perhatian Paus Fransiskus terhadap lingkungan komunikasi baru dan untuk jaringan sosial, di mana Paus hadir secara langsung dalam wujud akun Twitter @Pontifex dan akun instagram @Franciscus.

 

Felicia Permata Hanggu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here