Kardinal D’Rozario: Jadilah Peserta Akfif Sinode Secara Spiritual

124
Surat Kardinal Patrick D'Rozario kepada kaum muda. [dok.asianews.it]
Kardinal D’Rozario: Jadilah Peserta Akfif Sinode Secara Spiritual
5 (100%) 4 votes

HIDUPKATOLIK.com Uskup Agung Dhaka dan Presiden Konferensi Waligereja Bangladesh, Kardinal Patrick D’Rozario secara terbuka menulis surat yang ditujukan kepada kaum muda negaranya pada kesempatan peresmian Sinode orang muda yang berlangsung di Vatikan, Rabu kemarin, 3/10.

Anggota Kongregasi Salib Kudus yang diangkat menjadi imam pada 1972 ini menulis dalam bahasa Bengali:  “Para remaja yang terkasih, saya mengundang anda sekalian untuk berdoa bagi Sinode,” tulisnya yang kemudian disebarluaskan di media sosial. Surat ini pun mendapat tanggapan positif dari masyarakat demikian dilansir asianews.it, Kamis, 4/10.

Kardinal kelahiran 1 Oktober 1943 ini mencatat bahwa pertemuan para pemimpin Gereja telah didahului oleh pertemuan pra-sinode pada bulan Maret. Pra-sinode dihadiri 300 orang muda dari seluruh dunia. “Semua ini mencerminkan minat yang dimiliki Gereja Katolik bagi anda,” tulis surat itu.

Uskup Agung yang tidak ambil bagian dalam acara sinode ini menekankan fokus Sinode yakni “Pemuda, iman, dan pencarian panggilan” yang secara langsung menyapa umat Bangladesh.

Surat itu melanjutkan, “Aku memiliki permintaan untukmu. Berdoalah untuk Sinode. Setidaknya daraskan satu kali Bapa Kami, satu kali Salam Maria, dan satu kali Kemuliaan setiap hari. Dengan doa, anda dapat merasakan bahwa Tuhan dan Gereja mengasihi anda. Cintai Tuhan dan Gereja juga. Jadilah peserta aktif Sinode dengan cara spiritual.”

Tidak hanya itu, Kardinal D’Rozario memiliki permintaan lain. “Bagikanlah surat ini dengan teman-teman anda dan sebar-luaskan agar orang muda lainnya juga dapat mengetahui tentang Sinode yang sedang berlangsung. Tuhan memberkati anda,” tulisnya mengakhiri surat.

Sejak disebar-luaskan surat Kardinal D’Rozario di dunia maya, banyak tanggapan positif mengalir. Seorang Katolik berusia 25 tahun, Ripon Costa menanggapi, “Saya tidak tahu bahwa Sinode kaum muda sedang berlangsung di Vatikan dan sekarang saya tahu. Terima kasih kepada surat Kardinal. Bagi saya itu adalah fakta positif bahwa para uskup dan Paus Fransiskus sedang memikirkan kita.”

Costa optimis bahwa pertemuan ini akan membantu mengatasi tantangan hidup kaum muda.

 

Felicia Permata Hanggu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here