Malaikat Rafael: Tuhan yang Menyembuhkan

302
[@letsinspire.co]
Malaikat Rafael: Tuhan yang Menyembuhkan
Mohon Beri Bintang

FLORES, NTT, HIDUPKATOLIK.com – Dua belas diakon Serikat Sabda Allah (SVD) ditahbiskan menjadi imam Katolik oleh Mgr Paulinus Yan Olla, MSF di Aula Santo Thomas Aquinas Seminari Tinggi Santo Paulus Ledalero, Sabtu (29/09/2018).

Perayaan ekaristi pentahbisan dimulai pada pukul 08.30 sampai 11.30 WITA, dipimpin oleh Uskup Keuskupan Tanjung Selor Mgr Paulinus Yan Olla. Dalam khotbahnya pada perayaan agung, Mgr Paulinus mengatakan bahwa secara mengejutkan perayaan hari ini bertepatan dengan pesta tiga malaikat agung (Mikael, Gabriel, dan Rafael).

Tentang Malaikat Rafael, uskup yang pernah menjalani studi S-3 di Fakultas Teologi Universitas Kepausan Teresianum Roma itu mengatakan, “Rafael artinya Tuhan yang menyembuhkan. Ia mengingatkan kita juga akan salah satu tugas imam, yakni ambil bagian dalam tugas Kristus untuk menyembuhkan manusia di dalam relasinya dengan alam.”

Selanjutnya uskup yang pernah menjabat sebagai Rektor Biara Skolastikat dan Mahasiswa Teologan MSF Malang (2013–2018) itu mengajak umat yang hadir untuk merenungkan perkataan Mother Theresa dari Kalkuta.

“Kita renungkan perkataan Mother Theresa bahwa penyakit yang terbesar di Eropa bukan TBC dan bukan juga penyakit lumpuh, tetapi orang merasa tidak diinginkan, tidak dicintai, dan tidak diperhatikan.”

Mgr Paulinus menambahkan, “oleh karena itu, yang paling parah diderita manusia modern adalah kesepian dan kematian rohani. Ketika kita hari ini merayakan pesta Malaikat Agung Rafael, kita diingatkan untuk menyembuhkan luka-luka yang diakibatkan oleh kesepian dan kematian kristiani.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here