Lukas Sang Tabib

278
HIDUP ED 41_Renungan Harian
Rate this post

HIDUPKATOLIK.com Pesta St Lukas, Penginjil. 2Tim. 4:10-17b; Mzm. 145:10-11,12-13ab,17-18; Luk. 10:1-9

HARI ini Gereja memperingati Santo Lukas Penginjil. Dia adalah sahabat Rasul Paulus dan menaruh perhatian terhadap orang-orang sakit dan kaum yang terpinggirkan. Meskipun ia bukan orang Yahudi, namun berkat penyelidikannya yang teliti terhadap pewartaan para murid Yesus, Lukas mengajak orang-orang Kristiani untuk tetap percaya.

Karena apa yang diwartakan para rasul tentang Yesus Kristus adalah benar. Injilnya penuh dengan tindakan belas kasih Tuhan terhadap orang-orang berdosa, yang menurut hukum Yahudi mereka harus disingkirkan.

Lukas juga menunjukkan perhatian Yesus yang luar biasa terhadap kaum perempuan. Mereka mengambil bagian dalam karya keselamatan Allah (Elisabet, Maria bunda Yesus, dll).

Lukas melukiskan Yesus sebagai Sang Penyelamat yang membawa Kabar Sukacita, dan bahwa keselamatan itu terjadi “hari ini”. Artinya, siapa yang menerima dan percaya kepada-Nya, saat ini pun memperoleh keselamatan.

Keselamatan itu tentu tidak dalam bentuk perbaikan hal-hal material, melainkan terletak dalam cara “pandangan hidup”.

Mari kita meneruskan karya pewartaan para rasul, terutama melalui keteladanan hidup sehari-hari, agar mereka yang melihat dapat mengalami kasih Allah.

 

Sr. Dr. Grasiana, PRR
Doktor Teologi Biblis dari Pontificio Univeritas St. Tomas Aqinas Angelicum Roma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here