Administrator Apostolik Sibolga

1032
Mgr Anicetus Bongsu Sinaga OFMCap. [Dok. HIDUP]
5/5 - (1 vote)

HIDUPKATOLIK.com SETELAH wafatnya Mgr Ludovicus Simanullang OFMCap, Keuskupan Sibolga dipimpin Administrator Apostolik yang baru, Mgr Anicetus Bongsu Sinaga OFMCap. Penetapan oleh Paus Fransiskus ini berdasarkan Surat Keputusan pada 22 September 2018 lalu.

Mgr Anicetus mengatakan, tugas ini tentu berat mengingat jarak Medan dan Sibolga cukup jauh. Kendati demikian, Mgr Anicetus tetap mengandalkan para imam yang berkarya di Keuskupan Sibolga. Menurutnya, kolegialitas para imam menjadi kekuatan sebuah keuskupan untuk tetap bertahan.

Mgr Anicetus juga mengatakan salah satu kekuatan masyarakat Tapanuli adalah toleransi antarumat beragama. “Berkembangnya sebuah keuskupan bukan semata dari gembalanya tetapi juga dari para imam dan umat sendiri,” ujar Uskup Agung Medan ini.

Mgr Anicetus sendiri akan dibantu oleh tim sinergitas Keuskupan Sibolga yang terdiri dari Vikaris Jenderal Pastor Sebastian Sihombing OFMCap, Dekanus Tapanuli Pastor Posma Manalu, Dekanus Nias Pastor Gregorius Fau OFMCap, Ekonom Keuskupan Sibolga Pastor Alboin Simatupang. Ketua UNIO Keuskupan Sibolga, saat ini diketuai Pastor Robert Simatupang.

 

Yusti H. Wuarmanuk

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here