Ini Seruan Pemimpin Gereja Antar Benua Terhadap Ancaman Pemanasan Global

600
5/5 - (3 votes)

Presiden dari semua Konferensi Asosiasi Uskup antar benua mengeluarkan seruan kepada pihak-pihak yang bernegosiasi dan kepala negara yang bekerja menuju kesepakatan iklim internasional baru yang disepakati dalam Konferensi COP 21 yang berlangsung di Paris, Desember 2015. [cidse.org]
Bekerja sama dengan jaringan Katolik Caritas Internationalis, CIDSE dan Gerakan Iklim Katolik Global, panggilan yang mereka serukan didasarkan pada beberapa prinsip berikut:

  1. Urgensi: “Waktu adalah kemewahan yang tidak kita miliki”. Ada kesadaran yang berkembang dalam opini publik, juga berkat penelitian ilmiah dan data, bahwa tidak ada waktu untuk disia-siakan dan kami ingin membawa urgensi itu ke dalam rencana konkret, yang bertujuan untuk bergerak ke arah pembagian sumber daya dan tanggung jawab yang adil, di mana penghasil emisi mengambil akuntabilitas politik dan memenuhi komitmen pendanaan iklim mereka. “Kita dapat melihat tanda-tanda bahwa hal-hal sekarang mencapai titik puncak, karena laju perubahan dan degradasi yang cepat” (LS 61).
  2. Keadilan antar generasi: “Anak muda menuntut perubahan” (LS, 13). Masa depan mereka dalam bahaya besar dan generasi kita tidak melakukan hal yang cukup untuk meninggalkan kepada mereka sebuah planet yang sehat. Perhatian yang minim ini merupakan ketidakadilan yang tidak dapat diterima. “Konsekuensinya, solidaritas antar generasi bukanlah pilihan, tetapi lebih merupakan pertanyaan dasar keadilan, karena dunia yang telah kita terima juga milik mereka yang akan mengikuti kita” (LS 159).
  3. Martabat dan hak asasi manusia, khususnya yang paling rentan, harus selalu menjadi pusat agenda. Dalam mengimplementasikan Kesepakatan Paris, hak asasi manusia harus secara efektif dilindungi, dihormati dan dijunjung tinggi baik dalam kebijakan nasional maupun di lapangan. Pemerintah harus menunjukkan upaya mereka, dalam pengertian ini dalam Kontribusi yang Ditentukan secara Nasional dan dalam pilihan pendanaan mereka untuk kesesuaian dan ketahanan.

Selanjutnya dalam pernyataan tertulis, jaringan Katolik Caritas Internationalis, CIDSE, dan Gerakan Iklim Katolik Global menyampaikan beberapa tuntutan kebijakan yang mencakup dan mengakui kebutuhan akan beberapa elemen sebagai berikut:

1. Tetap hidup dalam suhu 1,5° C: Kami memiliki kewajiban moral untuk menjaga pemanasan global hingga “jauh di bawah 2° C di atas tingkat pra-industri dan melakukan upaya untuk membatasi peningkatan suhu hingga 1,5 ° C di atas tingkat pra-industri”, sebagaimana yang disepakati oleh pemerintah dalam Perjanjian Paris.

Paus Fransiskus menyampaikan, “Seperti yang kita ketahui, semua orang terkena dampak krisis iklim. Efek perubahan iklim tidak terdistribusi secara merata. Adalah orang miskin yang paling menderita akibat kerusakan akibat pemanasan global […]

Banyak dari mereka yang paling tidak mampu membayarnya, sudah dipaksa meninggalkan rumah mereka dan bermigrasi ke tempat-tempat lain yang dapat atau mungkin tidak dapat memberikan penerimaan yang layak. Banyak dari kaum migran akan menemui hal ini. Sebuah transisi ekologi yang adil dan tegas, seperti yang dipersyaratkan oleh Perjanjian Paris, adalah masalah hidup atau mati bagi negara-negara yang rentan dan para penduduk yang tinggal di wilayah pesisir.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here