Paroki Lubang Buaya Gelar Doa Malam Suci bagi Arwah Pahlawan

132
Paroki Lubang Buaya Gelar Doa Malam Suci bagi Arwah Pahlawan
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com  Dalam rangka memperingati jasa para Pahlawan Republik Indonesia di setiap tanggal 10 November, umat Paroki Lubang Buaya, Gereja Santa Catharina-TMII (Taman Mini Indonesia Indah) mengadakan Doa Malam Suci bagi Arwah Pahlawan Pejuang Kemerdekaan pada Jumat, 9/11/2018.

Aktivis Paroki Lubang Buaya, Dhani Satyadharma menyampaikan, latar belakang acara doa ini ada kaitannya dengan napak tilas kedatangan Paus Yohanes Paulus II ke Indonesia, yakni pada tanggal 8-12 Oktober 1989, mengunjungi Jakarta, Yogyakarta, Maumere (Flores), Medan, dan Dili (Timor Timur).

“(Sejak saat itu) selama hampir 30 tahun kita tidak pernah dikunjungi lagi oleh Paus. Kita berharap tahun depan, persis 30 tahun, Paus Fransiskus berkenan untuk singgah ke Indonesia,” harap Dhani.

Dhani mengisahkan tentang gerakan cinta kasih yang diteladankan oleh Paus Yohanes Paulus II ketika mengunjungi Mehmet Ali Aqca (residivis), pria yang menembak dirinya di lapangan St Petrus, Vatikan. Paus kemudian datang mengunjungi Mehmet di LP Rebibbia, Roma. “Saya sudah memaafkan saudara saya itu,” kata Paus sembari meminta umat Katolik mendoakan pria Turki itu.

Selain itu, melalui kegiatan yang melibatkan peserta hingga berjumlah 456 orang dari setiap lingkungan di Paroki Lubang Buaya, Dhani menuturkan, “kita juga mau menularkan semangat cinta kasih dan perdamaian, dengan napak tilas perjalanan beliau sewaktu datang ke Indonesia, yang waktu itu juga berkunjung ke Gereja Sta Catarina. Dalam kesempatan itu, Pastor Martinus Hadiwijoyo turut berjumpa dengan Paus semasa ia berkunjung,” tutur Dhani.

Baca juga:

Pastor Martinus adalah Pastor Rekan Paroki Kalvari Lubang Buaya, Jakarta Timur dan Moderator Umat Lanjut Usia Keuskupan Agung Jakarta (KAJ). Menyambut hari Pahlawan, melalui kegiatan ini, gereja turut mengajak umatnya untuk berdoa demi perdamaian Indonesia dan bagi para pahlawan yang telah berpulang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here