Hindari Buang-buang Makanan

26
Lima perempuan membunyikan alu dan lesung di halaman Gereja St Anna Duren Sawit sebelum Misa HPS 2018. [Patricia Pratiwi]
Hindari Buang-buang Makanan
5 (100%) 1 vote

HIDUPKATOLIK.com PADA Peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) Paroki St Anna Duren Sawit mengadakan lomba memasak makanan dengan bahan baku selain beras dan ketan. Ibu-ibu dari 19 Wilayah di Paroki Duren Sawit sibuk menata makanan non beras dan non ketan beserta minuman khas Nusantara yang dilombakan.

Perayaan HPS ini diawali dengan Misa yang dipimpin Pastor Paroki Duren Sawit Pastor FX Widyatmaka SJ. Pada kesempatan ini juga ditandai dengan penanaman tunas pohon kelapa dan tanaman pangan lain di halaman gereja.

Pastor Widyatmaka mengungkapkan, ketika pohon kelapa ditiup angin kencang, daun-daunnya akan menguncup. Tetapi setelah angin berlalu, pohon kelapa akan merekah kembali. “Ini laksana perjalanan Gereja Santa Anna yang tak lepas dari berbagai rintangan. Meski demikian, kita maju terus dan senantiasa hadir di tengah masyarakat.”

Semaraknya peringatan HPS kali ini merupakan hasil kerja sama Seksi APP-APS dengan Seksi Pendidikan, PSE, Kesehatan, dan Keadilan & Perdamaian yang tergabung dalam Bidang Pelayanan Paroki Duren Sawit.

Baca juga: http://www.hidupkatolik.com/2018/10/18/27498/peringatan-hps-di-paroki-duren-sawit-enaknya-pangan-non-beras-dan-non-ketan/

Anak-anak sekolah BIA dan BIR juga tak mau ketinggalan, mereka diajak mencicipi dan menyukai penganan khas beberapa daerah di Indonesia. Ketua Panitia HPS Eddy Suhanta mengungkapkan, HPS menjadi saat untuk mensyukuri rahmat kelimpahan makanan yang menjadi bukti kemurahan Tuhan.

Ia mengajak, seluruh umat untuk membiasakan makan secukupnya sesuai kebutuhan tubuh. “Kita hindari membuang-buang makanan, supaya bisa membantu mereka yang berkekurangan dan berkebutuhan khusus,” ujarnya.

 

Patricia Pratiwi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here