Lima Tahun Kepausan Fransiskus: Melalui Kata dan Perbuatan, Paus Menyapa Semua Orang

608
Duta Besar Vatikan untuk Indonesia Mgr Piero Pioppo berbincang dengan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan yang mewakili Pemerintah RI dalam acara syukuran memperingati lima tahun terpilihnya Paus Fransiskus. Acara berlangsung di Apostolic Nunciature [Vatican Embassy], Jalan Merdeka Timur no.18, Jakarta Pusat pada Kamis, 15/11/2018. [dok.fb Komsos KWI]
Lima Tahun Kepausan Fransiskus: Melalui Kata dan Perbuatan, Paus Menyapa Semua Orang
5 (100%) 1 vote

HIDUPKATOLIK.com UNTUK memperingati lima tahun terpilihnya Paus Fransiskus, Duta Besar Vatikan untuk Indonesia Mgr Piero Pioppo menggelar syukuran di Nunciatura di Jalan Merdeka Timur no.18, Jakarta Pusat pada Kamis, 15/11/2018.

Acara ini dihadiri oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan yang mewakili Pemerintah Republik Indonesia (RI). Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, sejumlah duta besar, Kardinal Julius Darmaatmadja SJ, Ketua Presidium KWI yang baru Mgr Ignatius Suharyo, para uskup dari seluruh Indonesia, para pastor dan suster, dan kalangan awam turut hadir. Tampak juga pengamat ekonomi HS Dilon dan pengamat politik Pastor Franz Magnis Suseno SJ.

Nuncio Pioppo menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran semua udangan. “Saya yakin, bahwa dari Roma, Bapa Suci Fransiskus sangat bersukacita karena melihat begitu banyak orang yang berkumpul kemarin di Gereja Katedral (Misa Suci untuk Sri Paus yang dirayakan Nunsius Apostolik bersama dengan semua Uskup Agung dan Uskup Indonesia-Misa Penutupan Sidang Sinodal KWI 2018-red.) dan di kediaman ini hari ini, yang menghormatinya, mengakui kedudukan moralnya, mengikutinya, dan berdoa baginya,” ujar Nuncio Pioppo dalam sambutannya.

“Saya mengatakan, terima kasih kepada undangan bukan karena kehadiran pada acara ini tetapi pada komitmen dan pertolongan kemurahan hati yang diberikan bagi kebaikan Gereja Katolik dan kebesaran Indonesia yang begitu unik, mulia, dan indah dalam keberagaman masyarakat, agama, budayanya yang mulia,” kata Mgr Pioppo.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Nuncio Pioppo menitipkan pesan kepada Ignasius Jonan. “Mohon sampaikan salam hormat kami kepada Bapak Joko Widodo, sambil meyakinkan Beliau bahwa Takhta Suci dan kita semua yang berkumpul di sini akan selalu selalu bekerja sama sehingga perdamaian, persaudaraan, dan harmoni berdiam selamanya di Indonesia dan seluruh dunia,” imbuhnya.

Sementara itu Menteri Jonan menyampaikan penghargaan yang tinggi kepada Negara Vatikan. Indonesia dan Vatikan mempunyai hubungan yang dekat dan istimewa. Jonan mengemukakan, Vatikan adalah salah satu negara yang paling awal memberikan pengakuan atas proklamasi kemerdekaan RI pada tanggal 17 Agustus 1945. Dan, sejak tahun 1950, Vatikan telah membuka Kedutaan Besar (Apostolic Nunciatura) di Jakarta.

Terkait dengan lima tahun masa kepausan Paus Fransiskus, Menteri Jonan memuji pembaruan yang dilakukan Paus di dalam Gereja Katolik. “Melalui kata dan perbuatan, Paus Fransiskus telah menyapa semua orang beriman dan dari segala penjuru dunia,” ujar Jonan.

 

Hasiholan Siagian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here