Bersaudara dalam Keragaman

94
Mgr Robertus Rubiyatmoko menari bersama peserta “Srawung Persaudaraan Sejati Orang Muda Lintas Agama”. [Dok. Pribadi]
Bersaudara dalam Keragaman
5 (100%) 1 vote

HIDUPKATOLIK.com Keuskupan Agung Semarang menggelar acara srawung persaudaraan sebagai bentuk mendukung kerukunan antar umat beragama di Indonesia

KOMISI Hubungan Antar Agama dan Kepercayaan dan Komisi Kepemudaan Keuskupan Agung Semarang (KAS) menggelar acara bertajuk “Srawung Persaudaraan Sejati Orang Muda Lintas Agama”.

Sedikitnya 1000 orang muda lintas iman hadir dalam acara yang dilaksanakan di UTC Semarang, Minggu, 28/10. Srawung Lintas Agama ini bersinergi dengan Pelita Semarang, Lapeksdam NU Jawa Tengah, dan Gusdurian Jawa Tengah.

Rangkaian acara ini sudah dimulai dari bulan Maret dengan menyelenggarakan pra-event di masing-masing kevikepan di KAS. Kevikepan Semarang memulai kegiatan ini dari tanggal 21-25 Maret 2018 lalu estafet menuju Kevikepan Yogyakarta, Kevikepan Kedu, dan Kevikepan Surakarta yang berakhir tanggal 30 September 2018.

Pra-event ini melibatkan ribuan pemuda lintas agama yang melakukan aksi persaudaraan dalam kebersamaan dan keberagaman. Dengan tagline “Srawung Sejak dalam Pikiran,” acara pra event dikemas dengan bingkai seni-budaya dan ekologi.

Acara puncak pun dikemas dengan tema “Muda, Bergembira, Bersaudara dalam Keberagaman”. Uskup Agung Semarang Mgr Rubertus Rubiyatmoko membuka acara puncak ini dan didampingi tokoh dari berbagai lintas agama.

Pembukaan acara ini juga menampilkan teater “Joko Kendil” yang sarat akan makna, sesuai dengan konteks zaman ini. Pesan dari kisah ini adalah kedamaian, ketentraman, dan persahabatan sejati akan sulit diwujudkan apabila orang memelihara dengki dan prasangka buruk.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here