Paus Fransiskus Mengubah Tanggal Hari Migran dan Pengungsi Sedunia

79
[Dok.www.acmro.catholic.org.au]
Paus Fransiskus Mengubah Tanggal Hari Migran dan Pengungsi Sedunia
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – Atas permintaan berbagai Konferensi Waligereja, Paus Fransiskus telah mengubah tanggal Hari Migran dan Pengungsi Sedunia menjadi hari Minggu terakhir bulan September.

Pada tahun 2018, Hari Migran dan Pengungsi Sedunia dirayakan pada tanggal 14 Januari dan tahun 2019 mendatang akan dirayakan pada 29 September yang juga jatuh pada Pesta Para Malaikat Agung: Malaikat Mikael, Gabriel dan Raphael.

Kepala Kantor Pers Vatikan, Greg Burke, mengatakan dalam sebuah komunike, “seperti biasa, teks dari pesan Bapa Suci akan dirilis beberapa bulan sebelum Hari Migran dan Pengungsi Sedunia.”

Peringatan yang dilembagakan pada tahun 1914 oleh Paus Pius X ini biasanya dirayakan pada bulan Januari setiap tahun, tepatnya di hari Minggu kedua setelah Epifani (Hari Raya Penampakan Tuhan). Sebagai contoh, Gereja Katolik di Amerika Serikat merayakan Minggu Migrasi Nasional di sekitar Minggu Epifani. Untuk tahun 2019, Minggu Migrasi Nasional jatuh pada tanggal 6-12 Januari.

Konferensi uskup di seluruh dunia merayakan selama satu pekan, Hari Migran dan Pengungsi yang berbeda sepanjang tahun. Misalnya pada bulan Agustus dirayakan di Australia, sementara pada September dirayakan di Chili dan Argentina.

 

Sumber: Cruxnow
Penerjemah: Felicia Permata Hanggu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here