Makna Kebangkitan bagi Rohani Katolik SMAN 21

203
Malam Keakraban. [dok.Lucia Mona Hartari]
Makna Kebangkitan bagi Rohani Katolik SMAN 21
5 (100%) 2 votes

HIDUPKATOLIK.com Sejauh ini apakah kita memahami atau mengenal istilah RohKat? Rohani Katolik (Rohani Katolik) adalah suatu organisasi kerohanian atau bisa juga disebut keluarga murid-murid SMAN (Sekolah Menengah Atas Negeri) Jakarta yang beragama Katolik.

Salah satu SMAN Jakarta yang sudah memiliki RohKat adalah SMAN21. Rohkat 21 sudah ada sejak lama, namun kegiatan keagamaan yang berlangsung sebelumnya dilakukan diluar jam pelajaran agama dan digabungkan dengan Kristen Protestan. Kemudian, mulai 2011 dipisahkan antara mata pelajaran maupun kegiatan kerohanian agama Katolik dan Protestan.
Adanya Rohkat itu menunjukkan eksistensi muda-mudi Katolik di SMAN 21, dimana mereka dapat mengadakan acara atau peribadatan sebagaimana aturan gereja. Menjadi anggota Rohkat siswa siswi SMAN 21 artinya mempunyai banyak teman dari berbagai daerah, suku dan agama. Teman-teman untuk bermain, bergaul, belajar dan berkembang bersama.
Sesi 1 “Self Discovery” dipandu oleh frater Jesuit.
Keanggotaannya tiap tahun terus meningkat, seiring jumlah siswa/i Katolik yang mendaftarkan diri di sekolah itu. Kegiatan yang dilakukan oleh RohKat diantaranya Natalan, Paskahan, perpisahan dengan anggota RohKat yang sudah akan lulus, RohKat Perdana, Misa Jumat Pertama bersama, dan Retret.
Retret dilakukan setiap setahun sekali. Kegiatan ini diwajibkan karena merupakan agenda sekolah dan bukan hanya diselenggarakan oleh RohKat tetapi pelaksanaannya dilakukan bersamaan dengan RohIs (Rohani Islam) dan RohKris (Rohani Kristen).
Untuk mencukupi kegiatan diatas biasanya anak-anak mencari dana dengan berjualan, ngamen, dan mencari sumbangan. Khusus kegiatan retret, memperoleh dukungan dana dari BOS (biaya operasional sekolah) meski jumlahnya (tentu saja) belum dapat mencukupi kegiatan tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here