Ini Pesan Paus Fransiskus Menjelang WYD ke-16 di Panama

138
Ini Pesan Paus Fransiskus Menjelang WYD ke-16 di Panama
3 (60%) 2 votes

HIDUPKATOLIK.com Menjelang ajang temu kaum muda paling akbar di dunia atau dikenal dengan World Youth Day (WYD) ke-16 pada 22-27 Januari 2019 mendatang, Paus Fransiskus menyampaikan pesan kepada kaum muda yang akan mengikuti serangkaian kegiatan religius dan kebudayaan di Panama. “Bertanyalah kepada Tuhan ‘apa yang Tuhan inginkan dari saya?’, dan biarkan Tuhan menjawabmu.”

Pesan Bapa Suci yang dirilis pada Rabu (21/11/2018) kepada kaum muda berpusat pada tema: “Sesungguhnya aku ini adalah hamba Tuhan; jadilah padaku menurut perkataanmu itu ”(Luk 1:38). Pesan itu, yang diterbitkan pada hari perayaan Maria Dipersembahkan Kepada Allah, mencakup sebuah siklus tiga pesan Maria yang didedikasikan untuk anak-anak muda di sepanjang perjalanan mereka (WYD 2016 ke WYD 2019).

Sebuah pernyataan dari Kepala Department Vatikan untuk Awam, Keluarga, dan Kehidupan (Vatican Dicastery for Laity, the Family and Life) mengatakan bahwa untuk pertama kalinya, Pesan Bapa Suci dalam persiapan untuk WYD diterbitkan terutama dalam bentuk pesan video, sehingga dapat menjangkua jumlah terbesar orang muda; serta menanggapi keinginan mereka, yang diungkapkan selama proses sinode baru-baru ini, untuk berkomunikasi dengan Gereja melalui bentuk-bentuk yang lebih dekat dengan bahasa mereka sendiri.

Dalam sambutannya, Bapa Suci berbicara kepada semua orang muda di dunia -kaum percaya dan tidak percaya- mendorong mereka untuk menemukan nilai-nilai karakter kaum muda. Dalam hal ini mengenali akan kesediaan mereka untuk melayani orang lain dan mengajak mereka untuk mempraktekkan sikap ini dari perspektif Kristen: “Menjadi pelayan bagi orang lain tidak hanya berarti siap bertindak. Artinya juga untuk melakukan percakapan dengan Tuhan dengan sikap mendengarkan, sama seperti Bunda Maria. Dia mendengarkan apa yang dikatakan malaikat kepadanya dan kemudian dia menjawab,” kata Bapa Suci.

Pesan video berfungsi sebagai instrumen persiapan spiritual untuk WYD berikutnya di Panama 2019 dan juga sebagai inspirasi bagi pelayanan kaum muda di seluruh dunia. Hari Pemuda Sedunia atau WYD berikutnya akan dirayakan mulai 22-27 Januari di Panama.

Vatican Publishing Library (Perpustakaan Penerbitan Vatikan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here