Paus Fransiskus Menunjuk Uskup Agung Metropolitan Medan yang Baru

474
Paus Fransiskus bersamalaman dengan Pastor Kornelius Sipayung, OFM Cap., yang saat ini menjabat sebagai Minister Provinsial Medan, dalam suatu kesempatan audiensi. [dok.ist.]
Paus Fransiskus Menunjuk Uskup Agung Metropolitan Medan yang Baru
3.8 (75%) 4 votes

HIDUPKATOLIK.com Takhta Suci melalui media press.vatican.va telah menerbitkan Renunciations and appointments [B0914] pada Sabtu siang ini, 8/12/2018.

“Pengumuman dan Perjanjian” yang ditandai dengan index [B0914] tersebut menyebutkan untuk menonaktifkan Uskup Agung Medan dan pengangkatan Uskup Agung Metropolitan yang baru.

Bapa Suci Fransiskus menerima pengunduran diri dari Pengurus Pastoral Medan (Indonesia), yang disampaikan oleh yang mulia, Mgr Anicetus Bongsu Antonius Sinaga, OFM Cap.

Selanjutnya, Paus Fransiskus telah menunjuk Uskup Agung Metropolitan Medan (Indonesia), Pastor Kornelius Sipayung, OFM Cap., yang saat ini menjabat sebagai Minister Provinsial Medan.

Imam Kabanjahe
Pastor Kornelius Sipayung, OFM Cap. lahir pada 26 Agustus 1970 di Bandar Hinalang-Kabanjahe, Sumatera Utara, Keuskupan Agung Medan. Setelah mengikuti Seminari Kecil Christus Sacerdos di Pematangsiantar, ia menyelesaikan mata kuliah filsafat dan teologi di Sekolah Tinggi Santo Yohanes di Pematangsiantar. Ia mengucapkan kaul kekalnya pada 22 Agustus 1998 dan ditahbiskan sebagai imam pada 11 Desember 1999.

Pastor Kornelius pernah memegang jabatan antara lain:
– 1999-2002: Imam di Gereja Assunta, Paroki Kabanjahe, Medan;

– 2002-2005: Studi Lisensiat Teologi Dogmatis di Universitas Gregorian, Roma; Ia kemudian mengikuti kursus bahasa Inggris selama enam bulan di Brisbane, Australia;

– 2005-2015: Pembina Seminari Kapusin di Pamatangsiantar; Guru berbagai disiplin ilmu teologi di Sekolah Menengah Atas St Yohanes, Pematangsiantar;

– 2012-2015: Wakil Minister Provinsial Medan; sejak 2015, Pastor Kornelius kemudian menjabat sebagai Minister Provinsi, dan terpilih kembali pada 2018 untuk masa jabatan berikutnya hingga 2021.

Pastor Kornelius merupakan anggota kelompok kolaborasi Kapusin Indonesia yang menyatukan perwakilan dari dua Provinsi Medan dan Pontianak, serta dua Perwalian Sibolga dan Nias.

Kelompok tersebut juga merupakan bagian dari Konferensi Kapusin Asia-Pasifik (Pacific-Asia Capuchin Conference-PACC). Di tingkat nasional, Pastor Kornelius adalah anggota Komisi Teologi Konferensi Episkopal. Sementara pada tingkat keuskupan, ia adalah bagian dari Dewan Presbyteral dan Administrator Yayasan Harapan Jaya dan Caritas.

 

Sumber: press.vatican.va/ vaticannews.va
Antonius Bilandoro

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here