Pembukaan Tahun Berhikmat di “Paroki Betawi” Kampung Sawah

144
Pastor Wartaya dan beberapa anggota Dewan Paroki berfoto bersama dengan latar baliho Tahun Berhikmat. [Foto: Hari Wibowo/Komsos Kp Sawah]
Pembukaan Tahun Berhikmat di “Paroki Betawi” Kampung Sawah
4 (80%) 1 vote

HIDUPKATOLIK.COM¬†–¬†Umat Katolik Paroki Santo Servatius, Kampung Sawah, Bekasi menyambut Tahun Berhikmat dengan mendoakan bersama Doa Tahun Berhikmat versi Bahasa Betawi pada hari Minggu, 6 Januari 2019.

Misa dipimpin Pastor Yohanes Wartaya Winangun SJ dengan perarakan bersama anak-anak yang membawa bendera dan kertas bertuliskan 2019 Tahun Berhikmat. Lagu-lagu dalam nuansa Betawi pun dikumandangkan. Seperti di paroki lain di KAJ, umat juga mendengarkan khotbah Uskup Agung Jakarta Mgr Ignatius Suharyo melalui layar televisi.

Dan, sebelum berkat penutup, umat mendoakan Doa Tahun Berhikmat dengan versi bahasa Betawi seperti berikut ini:
Allah Bapa nyeng penuh kasih, kami bersyukur atas rahmat persatuan dan kesatuan nyeng jadi kekuatan buat bangsa kami Indonesia.

Kami bersyukur atas rahmat keragaman suku, agama, ras, budaya dan partai politik. Kami bersyukur meski kami berbeda-beda tetapi tetap NKRI.

Tuhan Yesus Gembala Yang Baik dan Murah Ati, Engkau sudah ngajarin kami supaya kami tinggal di dalem kasih-Mu dan kami kesian sama sesama kami kayak diri kami sendiri.

Dalem perutusan di tengah keragaman kadang-kadang kami masih ngalamin beda pemahaman agama dan beda pilihan politik.

Apalagi saat taun elektoral dan pesta demokrasi, kami mohon rahmat kebijaksanaan dan ketulusan ati dalem ngegunain hak memilih pemimpin nyeng berhikmat. Bawa kami menuju kedamaian di tengah hiruk pikuk perbedaan.

Moga-moga kami bisa ngejalin pesodaraan sebagai sesama anak bangsa dan jadi pembawa damai sejahtera buat kehidupan bersama nyeng lebih baik. Roh Kudus, kalo kami ngalamin perbedaan pendapat, apa itu dalem idup menggereja , bermasyarakat, dan bernegara, kami mohon rahmat untuk berhikmat dan ngedepanin masyarakat buat mufakat.

Kami mohon kepadaMu rahmat kehendak bebas buat ngewartain dengan semangat: Kita Berhikmat Bangsa Bermartabat dalam naungan dasar negara: Pancasila. Bunda Maria, Bunda Segala Suku Bangsa, doain bangsa kami Indonesia tercinta. Amin.

HS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here