What’s on 2019

60
Paus Fransiskus.
[vaticannews.va]
What’s on 2019
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.comWYD Panama 2019
World Youth Day adalah pertemuan kaum muda dari seluruh dunia bersama Paus di tengah-tengah suasana meriah, rohani, dan budaya. Hal ini menegaskan dinamika Gereja yang memberi kesaksian tentang arti penting Yesus dalam kehidupan anak muda. Usai berjumpa di Polandia tempat kelahiran promotor pertama WYD St Yohanes Paulus II pada tahun 2016, orang muda Katolik akan kembali berkumpul di Panama.

Pertemuan orang muda Katolik ini menjadi unik, jika sebelumnya WYD dilaksanakan seputar bulan Juli-Agustus, kini WYD dilaksanakan pada tanggal 22-27 Januari. Pada bulan ini adalah waktu dengan cuaca terbaik di Panama. Tema yang diusung adalah “Akulah hamba-Mu, ya Tuhan terjadilah padaku seperti kehendak-Mu” (Luk 1:38).

Tahbisan Uskup Medan
Paus Fransiskus telah menunjuk Mgr Kornelis Sipayung OFMCap sebagai Uskup Agung Medan menggantikan Mgr Anicetus Bongsu OFMCap. Pengumuman ini secara resmi dibacakan pada Sabtu 8 Desember di Gereja Katedral Medan, Sumatera Utara. Tahun 2019 seluruh umat Katolik Indonesia, khususnya umat Keuskupan Agung Medan akan menantikan perayaan tahbisan uskup baru. Umumnya tahbisan paling lama diselenggarakan maksimal tiga bulan setelah pengumuman resmi dinyatakan.

Kunjungan Paus
Vatikan mengumumkan bahwa Paus Fransiskus akan mengunjungi Uni Emirat Arab (UAE) pada 3-5 Februari. Selain itu Bapa Suci juga akan melakukan perjalanan ke Bulgaria dan Makedonia pada 5-7 Mei, dengan berhenti di kampung halaman Ibu Teresa di Skopje. Paus akan menghabiskan sebagian besar perjalanan di kota-kota Bulgaria Sofia dan Rakovski sebelum mengunjungi Skopje, Makedonia, tempat kelahiran Ibu Teresa, pada tanggal 7 Mei. Paus Fransiskus akan menjadi paus kedua yang mengunjungi Bulgaria setelah kunjungan Paus St. Yohanes Paulus II pada tahun 2002.

Konferensi
Paus Fransiskus pada bulan September telah merencanakan akan mengadakan pertemuan akbar dengan semua presiden Konferensi Waligereja di seluruh dunia bersama dengan pimpinan senior Vatikan pada 21 hingga 24 Februari. Pembahasan rapat akan mendiskusikan soal skandal pelecehan seksual di Gereja yang menjadi isu besar di tahun 2018.

50 Tahun Imamat Paus Fransiskus
Jorge Mario Bergoglio menerima tahbisan imamat pada tanggal 13 Desember 1969. Ia menghabiskan tahun pertama tahun 1970-an di Spanyol, di mana ia menyelesaikan pendidikannya sebelum mengambil sumpah terakhirnya dalam Serikat Yesus. Dari 1973 hingga 1985 ia mengambil berbagai peran: melayani sebagai superior dari provinsi Yesuit Argentina dan Uruguay, sebagai rektor Colegio Maximo, dan sebagai dosen teologi.

Felicia Permata Hanggu

HIDUP NO.52 2018, 30 Desember 2018

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here