Doa dari Komunitas Yahudi, Islami dan Kristiani

48
Tanam Perdamaian: Shimon Perres, Mahmoud Abbas, Paus Fransiskus dan Patriarkh Bartholomeos I menanam pohon zaitun sebagai simbol perdamaian bersama.
[haaretz.com]
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – Tuhan Perdamaian,

Raja Ilahi, yang kepadanya damai berasal,

Pencipta Damai, Pencipta segala sesuatu, Karena kuasa-Mulah yang akan mengakhiri peperangan dan pertumpahan darah di dunia, dan menyebarkan kedamaian yang indah dan luar biasa di seluruh muka bumi, sehingga suatu bangsa tidak akan mengangkat pedang untuk melawan bangsa lain, tiada ada lagi dari mereka yang mempelajari peperangan.

Bantulah kami dan jagalah kami semua,

Semoga kami pantas menerima kebajikan perdamaian.

Semoga tercipta perdamaian di antara setiap orang dan sesama, dan di antara suami dan istri, dan jangan ada perselisihan di antara orang-orang, bahkan dalam hatinya.

Semoga setiap orang mencintai dan memperjuangkan perdamaian selalu berada dalam kebenaran dan integritas.

Semoga kami tidak berpegang teguh pada perselisihan, bahkan dengan mereka yang tidak sependapat dengan kami.

Semoga kami tidak pernah mempermalukan siapa pun di bumi ini, besar atau kecil, dan semoga kami pantas untuk benar-benar menaati perintah “Kasihilah sesamamu seperti dirimu sendiri” dengan segenap hati, tubuh, jiwa, dan harta milik.

Dan semoga yang ada tertulis digenapi di dalam kami: “Aku akan menganugerahi damai sejahtera di muka bumi, dan kamu akan berada di sisiku, dan tidak akan ada yang membuatmu takut; Aku akan menghapus binatang berbahaya dari tanah, dan tidak akan ada pedang yang melewati negerimu.”

Tuhan yang adalah damai, berkati kami dengan damai-Mu!

Doa dari Komunitas Islam
Tuhan yang Maha Penyayang, penuh kasih, raja, yang kudus, damai, iman, berdaulat, mulia, hebat, membanggakan, pencipta, pembuat, pembentuk.

Ya Tuhan, Engkau adalah damai dan perdamaian berasal dari-Mu, dan kepada-Mu pula kedamaian kembali, Engkau diberkati dan dimuliakan, ya Tuhan dengan damai dan dengan kami mengungkapkan perdamaian, menjadikan kami penghuni dunia yang penuh kedamaian, dan tidak hidup dalam ketakutan dan kesedihan.

Ya Tuhan, kami berlindung kepada-Mu dari ketidakadilan, penindasan, dan serangan, dan kami mohon kepada-Mu, Tuhan kami, untuk memberikan petunjuk-Mu, agar kami tidak tersesat atau menyesatkan, tetap percaya dan yakin kepada-Mu, bimbinglah kami, ya Tuhan, agar kami berkata-kata de ngan baik, bimbinglah kami, ya Tuhan, agar kami bertindak baik dan sempurna, bimbinglah kami agar melakukan yang terbaik, tidak ada yang dapat melakukan segala sesuatu selain Engkau.

Ya Tuhan, buatlah kami, ya Tuhan, untuk bisa mengerti mana yang baik, mana yang jahat, kami mohon tunjukkanlah, di mana Engkau memberikan kami keamanan, perdamaian, iman, untuk kami dan masyarakat kami, Keluarga, ayah dan ibu kami, putra dan putri kami, dan untuk semua umat manusia, bangsa, dan semua makhluk ciptaan-Mu, berilah kami ya Tuhan, kebaikan di dunia dan di akhirat, dan lindungilah kami dari siksa api neraka.

Ya Allah, ciptakanlah perdamaian di tanah damai, ya Guru yang penuh kemuliaan dan kehormatan, dan hapuslah ketidakadilan terhadap kaum tertindas di negeri ini, beri lah makanan kepada rakyat yang kelaparan, dan bantulah mereka yang melawan rasa takut, dan jagalah mereka dari yang jahat, kejahatan dari penyerang yang tidak adil, ya Tuhan semesta alam.

Doa dari Komunitas Kristen
Tuhan,

Jadikanlah aku pembawa damai-Mu;

Bila terjadi kebencian, jadikanlah aku pembawa cinta kasih,

Bila terjadi penghinaan, jadikanlah aku pembawa pengampunan,

Bila terjadi perselisihan, jadikanlah aku pembawa kerukunan,

Bila terjadi kesesatan, jadikanlah aku pembawa kebenaran,

Bila terjadi kebimbangan, jadikanlah aku pembawa kepastian,

Bila terjadi keputusasaan, jadikanlah aku pembawa harapan,

Bila terjadi kegelapan, jadikanlah aku pembawa terang,

Dan bila terjadi kesedihan, jadikanlah aku sumber kegembiraan.

Oh Tuhan, semoga aku ingin menghibur dari pada dihibur;

Memahami dari pada dipahami;

Mencintai dari pada dicintai.

Sebab dengan memberi aku menerima;

Dengan mengampuni aku diampuni;

Dan dengan mati suci aku bangkit lagi, untuk hidup selama-lamanya.
Amin.

Hening sejenak

Marilah kita berdoa.
Allah Yang Mahakuasa dan Bapa, kami yang berkumpul di sini memohon kepada-Mu untuk menjadikan kami sebagai alat perdamaian-Mu, pencari keadilan, pemberi pengampunan dan pembangun rekonsiliasi.

Bukalah hati kami agar dipenuhi oleh Roh Kudus-Mu;

Bukalah mata kami agar melihat wajah-Mu pada setiap orang yang kami jumpai, bukalah tangan kami untuk bergabung dengan saudara dan saudari kami untuk membangun dunia bersama-sama di mana semua orang bisa hidup dalam damai.

Curahkanlah berkat-Mu di Tanah Suci, sehingga dari sana perdamaian ini dapat menyebar ke ujung bumi, dalam nama Kristus, Tuhan kami.
Amin.

R.B.E. Agung Nugroho

HIDUP NO.31, 3 Agustus 2014

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here