Persiapan Kongres Ekaristi

50
Para imam dan umat Katolik Cebu, Filipina, berpose bersama usai merayakan Misa persiapan diri menyambut Kongres Ekaristi International.
[iec.com]
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – Keuskupan Agung Cebu, Filipina akan menjadi tuan rumah Kongres Ekaristi International ke-51, 24-30 Januari 2016. Para imam dan umat Cebu menggelar doa bersama agar persiapan lancar, Rabu, 21/10.

Uskup Agung Cebu, Mgr Jose Serofia Palma menjelaskan, Gereja Cebu merasa terhormat untuk menjadi tuan rumah Kongres Ekaristi seperti yang pernah terjadi tahun 1937. “Kami mungkin miskin dalam banyak aspek, tapi saya percaya kami kaya dalam iman,” ujarnya seperti dirilis CNA 22/10.

Menurut Ketua Komisi Liturgi Konferensi Waligereja Indonesia (KWI), Mgr A. M. Sutrisnaatmaka MSF, sejauh ini, persiapan dari Indonesia baru sebatas sosialisasi. Utusan dari Indonesia akan ditawarkan melalui keuskupan. “Perwakilan dari KWI terserah Sidang KWI November. Berhubung masa tugas saya sudah habis bulan November sebaiknya Ketua Komisi Liturgi terpilih yang hadir,” ungkap Mgr Sutrisnaatmaka.

Diperkirakan lebih dari 15 ribu peserta dari 90 negara akan hadir dalam kongres ini. Mgr Sutrisnaatmaka menjelaskan, kongres ini mempunyai beberapa tujuan. Yaitu meningkatkan kesadaran akan pentingnya Ekaristi sebagai tempat utama dalam hidup beriman. Kongres juga bertujuan menyadarkan tugas misi Gereja Katolik, membantu meningkatkan pemahaman dalam perayaan liturgi Ekaristi dan menarik perhatian pada dimensi sosial perayaan Ekaristi agar misi Gereja dapat terlaksana dengan tepat.

Yusti H. Wuarmanuk/Maria Pertiwi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here