ISIS SERANG VATIKAN

36
Para pelaku rencana pengeboman Vatikan dan Kantor Kedutaan Israel di Roma.
[time.com]
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – Pemerintah Italia menangkap enam tersangka yang diduga anggota ISIS, yang berencana menyerang Kantor Vatikan dan Kedutaan Israel di Roma. Penangkapan ini dilakukan setelah pemerintah menyadap percakapan para pelaku melalui pesan WhatsApp, di Lombardia dan Piedmont, Italia, Sabtu, 30/4.

Penangkapan dalam operasi gabungan ini dimotori Jaksa Wilayah Milan dengan lembaga antiterorisme Italia. Menurut Kantor Berita Italia ANSA, pihak berwenang menangkap Abderrahim Moutaharrik dan istrinya, Salma Bencharki; Abderrahmane Khachia dan tiga orang yang sebelumnya telah bergabung dengan ISIS di Suriah. Enam orang ini semuanya berasal dari Maroko.

Maurizio Romanelli, advokat senior Milan mengatakan, pemerintah Italia percaya, enam pelaku adalah anggota ISIS pimpinan Abu Bakr-al Baghdadi. Hal ini sesuai pesan di WA kepada Moutaharrik yang berbunyi, “Saudaraku Abderrahim, aku mengutus kamu untuk mengebom.” Pesan ini lalu dibalas dengan tulisan, “Aku bersumpah, akulah yang pertama menyerang mereka di Italia. Aku bersumpah demi Allah, aku akan menyerang.”

Juru Bicara Vatikan, Pater Federico Lombardi SJ mengapresiasi tindakan pemerintah Italia dalam menjaga keamanan Vatikan dan Italia di Tahun Yubelium ini. “Langkah-langkah keamanan ini tak lain melindungi para peziarah di Tahun Suci agar semua orang dapat mengalami kemurahan hati Allah,” katanya seperti dirilis Catholic Herarld 29/4.

Yusti H.Wuarmanuk

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here