MGR KHERUBIM TURUN TAKHTA

95
Mgr G. Kherubim Pareira SVD
[Dok. HIDUP]
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – TAKHTA Suci telah menyetujui su­rat permohonan pengunduran diri Uskup Maumere Mgr Gerulfus Khe­rubim Pareira SVD. Keputusan ini ditem­puh Mgr Kherubim sebagaimana ditetap­kan dalam Kitab Hukum Kanonik (KHK) Kanon 401: “Uskup diosesan yang sudah berusia genap tujuh puluh lima tahun, diminta untuk mengajukan pengunduran diri dari jabatannya kepada Paus …”

Mgr Kherubim telah melayangkan Su­rat Pengunduran diri pada awal tahun ini, melalui Duta Besar Vatikan untuk Indonesia. Surat nunc pro tumc atau per­setujuan pengunduran dirinya diterima melalui Duta Besar Vatikan untuk In­donesia Mgr Antonio Guido Filipazzi saat mengikuti tahbisan Mgr Henricus Pid­yarto Gunawan OCarm di Malang awal September lalu. “Tapi saya masih tetap melaksanakan tugas penggembalaan se­perti sampai Paus Fransiskus memilih seorang pengganti,” ujar Mgr Kherubim.

Saat dihubungi pekan lalu, Mgr Kheru­bim menjelaskan, setelah menerima nunc pro tumc, ia sudah mengusulkan tiga ca­lon uskup sebagai penggantinya kepada Takhta Suci. Ketiga calon itu adalah imam dioses dan tarekat. Mgr Kherubim ber­harap, uskup baru nanti bisa mengatasi prinsip primordial yang masih kental di kalangan umat Keuskupan Maumere.

Yusti H.Wuarmanuk

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here