Paus Peduli Kaum Perempuan Timur Tengah

29
Paus Fransiskus sedang menyapa umatnya. [on.ge]
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – PAUS Fransiskus mengirimkan telegram melalui Sekretariat Negara-Kota Vatikan kepada Mgr Francesco Cacucci, Uskup Agung Bari-Bintoto, Italia, Kamis, 20/10. Telegram tersebut berkaitan dengan konferensi mengenai nasib dan kehidupan kaum perempuan di Timur Tengah dan wilayah Mediterania, yang digelar di Bari, salah satu kota pelabuhan terbesar di Italia.

Telegram tersebut ditandatangani oleh Sekretaris Negara-Kota Vatikan, Kardinal Pietro Parolin. “Bapa Suci berharap bahwa ruang representasi bagi kaum perempuan akan semakin luas. Mereka diharapkan dapat mengintensifkan pekerjaan-pekerjaan mereka dalam mencari kesempatan untuk berinteraksi, menambah pengetahuan, dan berdialog. Dan semoga komitmen bersama untuk membangun masa depan, kemakmuran dan perdamaian, diharapkan mampu menghasilkan buah yang berlimpah demi umat manusia dan kemajuan sosial, serta mendorong terjadinya rekonsiliasi antarumat manusia dan menciptakan harmoni baru diantara bangsa-bangsa di dunia ini,” tulis telegram tersebut, seperti dilansir Radio Vatikan (20/10).

Konferensi yang digelar di Keuskupan Agung Bari-Bintoto itu mengusung tema, “Perempuan untuk Perdamaian: Menjadi Pekerja-pekerja bagi Perjumpaan dan Dialog Budaya”. Sementara fokus pembahasannya dikerucutkan dalam konteks perjuangan kaum perempuan di Timur Tengah dan Mediterania.

Perhelatan besar ini terselenggara berkat kerjasama antara beberapa lembaga internasional, seperti Persatuan Internasional Organisasi-organisasi Perempuan Katolik, Forum Internasional Aksi Katolik dan Aksi Katolik Italia. Pelaksanaan konferensi level internasional mengenai perempuan ini juga menjadi salah satu bentuk aktualisasi semangat Gereja dalam menanggapi ajakan Paus selama Yubelium Luar Biasa Kerahiman Allah.

R.B.E. Agung Nugroho

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here