Pesan Paus kepada Institut JP II

87
Paus Fransiskus berjumpa dengan segenap staf Institut Kepausan JP II. [L’Osservatore Romano]
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – PAUS Fransiskus secara khusus menyapa mahasiswa-mahasiswi dan seluruh staf Institut Kepausan Johanes Paulus II (JP II) untuk Perkawinan dan Keluarga di Roma, Kamis, 27/10. Sapaan Bapa Suci itu menandai dibukanya tahun ajaran baru di institut tersebut. Selain itu, kesempatan itu sekaligus digunakan Bapa Suci untuk menyambut ulang tahun ke-35 berdirinya institut tersebut yang akan dirayakan pada November 2016.

Bapa Suci menyampaikan pesannya di Clementine Hall, Istana Apostolik, Vatikan. Menurutnya, pemahaman Gereja terhadap keluarga yang dibangun atas dasar perkawinan Katolik merupakan ekspresi dan kepenuhan kodrat manusiawi. Selain itu, Gereja memahami keluarga sebagai institusi yang dari sanalah kelangsungan ras umat manusia terus berlanjut sebagai “harta karun luar biasa”. Selain itu, Bapa Suci juga mengingatkan adanya ancaman terhadap keluarga yang datang dari aspek intelektual, kultural, sosial dan gaya hidup modern dalam berbagai situasi geopolitik di seluruh penjuru dunia.

Dibutuhkan antusiasme besar dalam diri kita, ungkap Bapa Suci, untuk bekerja merehabilitasi kondisi yang telah rusak dalam konteks hidup berkeluarga. Tataran kerjanya pun mulai dari aspek doktrinal, praktis pastoral hingga kesaksian nyata yang melukiskan relasi mesra antara Tuhan, suami-istri dan anak-anak. “Mari kita senantiasa membawa hal ini dalam ingatan bahwa kita membawa harta karun yang sangat berharga di dalam wadah yang terbuat dari tanah liat,” demikian Bapa Suci, seperti dilansir news.va (27/10).

R.B.E. Agung Nugroho

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here