PEMBUKAAN SIDANG TAHUNAN KONFERENSI WALIGEREJA INDONESIA

100
(Kanan-kiri) Dirjen Bimas Katolik, Eusabius Binsasi, Nunsius Apostolik untuk Indonesia, Mgr Antonio Guido Filipazzi, Ketua KWI, Mgr Ignasius Suharyo, Sekjen KWI, Mgr Antonius Franciskus Subianto Bunyamin OSC, dan Ketua PGI, Pendeta Henriette T. Hutabarat-Lebang, di ruang sidang KWI, Jakarta Pusat (HIDUP/Yanuari Marwanto)
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – PARA Uskup seluruh Indonesia menggelar Sidang Tahunan di Kantor KWI, Jalan Cut Meutia, Jakarta Pusat, Senin, 31/10. Sidang dihadiri oleh 36 Uskup, diantaranya terdapat Uskup Emeritus. Sidang dibuka oleh Ketua KWI, Mgr Ignasius Suharyo didampingi Sekretaris Jenderal, Mgr Antonius Franciskus Subianto Bunyamin OSC.

Pembukaan sidang dihadiri juga Nunsius Apostolik untuk Indonesia, Mgr Antonio Guido Filipazzi; Dirjen Bimas Katolik, Eusabius Binsasi; dan Ketua Persatuan Gereja-Gereja di Indonesia, Pendeta Henriette T. Hutabarat-Lebang. Selain itu, hadir juga Kardinal Julius Riyadi Darmaatmadja SJ, Uskup Agung Emeritus Jakarta. Kardinal Julius hadir juga selama hari studi bersama para Uskup yang berlangsung selama tiga hari hingga Rabu, 2/11.

Pada sambutan pembukaan sidang, Mgr Suharyo mengucapkan selamat datang kepada Mgr Henricus Pidyarto Gunawan OCarm. Sidang ini merupakan pengalaman perdana Uskup Malang, setelah menerima tahbisan episkopal pada Rabu, 3 September lalu. “Saya dengar, kemarin malam ada penyambutan meriah untuk Monsinyur Pidyarto dari para Uskup di Kemari (Wisma KWI Kemiri-Red) ,” canda Mgr Suharyo disambut tepuk tangan dari para Uskup.

Tak hanya itu, Mgr Suharyo juga mengajak para koleganya untuk mengenang para Uskup yang meninggal pada tahun ini, yaitu: Mgr Hilarius Moa Nurak SVD (Uskup Pangkal-Pinang), Mgr, Andreas Suwiyata Henrisoesanta SCI (Uskup Emeritus Tanjungkarang), Mgr Andreas Peter Cornelius Sol MSC (Uskup Amboina), Mgr Herman Joseph Sahadat Pandoyoputro OCarm (Uskup Emeritus Malang). “Kehadiran beliau tetap dikenang dan menjadi bagian dalam KWI,” demikian Mgr Suharyo.

Marchella A. Vieba

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here