Silaturahmi Kebangsaan untuk Merawat Kebhinnekaan dan Negara Kesatuan Republik Indonesia

154
Acara Silaturahmi Kebangsaan untuk Merawat Kebhinnekaan dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) di Ruang Poncowati Hotel Patra Jasa Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Senin, 28/11. (Dok. Romo Aloysius Budi Purnomo)
Rate this post

HIDUPKATOLIK.com – DALAM rangka penguatan toleransi, kebangsaan dan semangat kebhinekaan, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah bersama dengan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) menyelenggarakan Silaturahmi Kebangsaan untuk Merawat Kebhinnekaan dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) di Ruang Poncowati Hotel Patra Jasa Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Senin, 28/11. Silaturahmi ini mengambil tema “Memaknai Konstruksi Kebhinnekaan dan NKRI Berbasis Kedewasaan Beragama dan Berkeyakinan”. Yang diundang sebagai peserta adalah perwakilan organisasi keagamaan, entitas kebangsaan, OKP, dan tokoh masyarakat, sedikitnya 100 orang hadir.

Ada pun yang menjadi narasumber adalah KH Ahmad Daroji (Ketua MUI Jateng), Condro Kirono (Kapolda Jateng), Prof Dr. Mudjahirin Tohir (Ketua FKUB Jateng) dan H. Ahyani (Kemenag Jateng). Semula, KH A Mustofa Bisri (dikenal Gus Mus) juga berkenan menjadi narasumber. Namun karena Senin pagi mendapat kabar duka bahwa Kiai Nafis Misbah Mustofa – adik misanan beliau – dipanggil Tuhan, maka beliau batal hadir karena melayat.

Silaturahmi Kebangsaan yang dibuka oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Wakil Ketua FKUB Jateng dan Ketua Komisi Hubungan Antaragama dan Kepercayaan Keuskupan Agung Semarang Romo Aloysius Budi Purnomo menjadi moderator. Acara silaturahmi diawali dengan masukan dan gagasan terkait dengan tema dari Wakil Gubernur Jateng Heru Sudjatmoko yang juga menjadi penasihat FKUB. Sesudah itu dibuka ruang dan kesempatan kepada para hadirin menyampaikan tanggapan.

Rekomendasi
Hasil dari dialog silaturahmi tersebut dirumuskan sebagai suatu rekomendasi yang dibacakan oleh Abu Rokhmad, salah satu anggota FKUB Jateng. Demikian rekomendasi yang dirumuskan berdasarkan benang merah gagasan dari para narasumber:

[nextpage title=”Silaturahmi Kebangsaan untuk Merawat Kebhinnekaan dan Negara Kesatuan Republik Indonesia”]
Menyikapi  situasi dan kondisi mutakhir bangsa Indonesia, antara lain ditandai dengan: Pikiran, sikap dan perilaku tidak menghormati kebhinekaan, Pancasila, NKRI, dan UUD Negara Republik Indonesia. Masyarakat pengguna media sosial hendaknya lebih bijaksana, sopan dan produktif dalam memanfaatkan media ini demi ketertiban dan kerukunan.

Kami FKUB Provinsi Jawa Tengah merekomendasikan: Pertama, memberdayakan dan merangkul seluruh komponen bangsa dari berbagai  agama, suku dan golongan  sebagai perekat, perawat dan penjaga Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, NKRI, dan UUD 1945.

Kedua, mewaspadai tantangan dari dalam (internal) dan luar (eksternal) yang dapat mengganggu Pancasila, Bhineka Tunggal ika, NKRI, dan UUD 1945. Ketiga, media hendaknya lebih bertanggungjawab dalam pemberitaan, mencerahkan  dan menumbuhkan kesadaran akan pentingnya merawat kebangsaan, moral dan nilai-nilai Pancasila. Keempat, pertemuan dialog seperti ini hendaknya diintensifkan dan dilakukan secara periodik di semua tingkatan, termasuk di tingkat nasional, untuk menghindari kesenjangan informasi dan menumbuhkan empati serta rasa memiliki bangsa Indonesia.

Mengakhiri rangkaian dialog dan Silaturahmi Kebangsaan tersebut, sebagai moderator Romo Aloysius Budi Purnomo menutup acara, “Tadi Pak Ganjar menyebut pengalaman Gus Mus yang memaafkan Pandu Wijaya yang melalui media sosial menyatakan hal-hal yang buruk dan tidak sopan kepadanya. Saya sendiri, sebagai seorang pastor Katolik, setiap kali berjumpa dan melihat Gus Mus selalu mengalami Islam sebagai rahmatan lil alamin.” Kalimat tersebut mendapat aplaus dari para peserta yang hadir.

A. Nendro Saputro
Laporan: Romo Aloysius Budi Purnomo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here