Refleksi Masa Adven dengan Kandang Natal di Universitas Sanata Dharma Yogyakarta

272
Kandang Natal kosong diberi atap jerami. (Dok. CM Sanata Dharma).
Refleksi Masa Adven dengan Kandang Natal di Universitas Sanata Dharma Yogyakarta
5 (100%) 1 vote

HIDUPKATOLIK.com – ADA yang berbeda di Kampus 5 Universitas Sanata Dharma (USD) Kotabaru, Yogyakarta mulai Kamis, 1/12. Pada pukul 09.00 hari ini, di Hall kampus tersebut terpajang kandang kosong beratap jerami. Menurut Koordinator Spiritualitas dan Kerumahtanggaan Kampus 5 USD Romo Bernardus Rukiyanto SJ, kandang kosong yang ditempatkan di hall tersebut merupakan salah satu program Campus Ministry USD dalam menyambut masa Adven dan Natal 2016.

“Tadi pagi sekitar pukul sembilan, kandang tersebut dibawa dari Kampus 2 USD Mrican ke Kampus 5 ini dengan mobil box terbuka. Lalu kita adakan Ekaristi dalam menyambut kandang Natal tersebut. Seusai Ekaristi, kandang itu kita tempatkan di Hall ini. Kandang Natal yang terdiri dari empat pilar tersebut, menjadi gambaran empat nilai dasar USD dalam mendidik para mahasiswanya yaitu: Mencintai Kebenaran, Memperjuangkan Keadilan, Menghargai Keberagaman, dan Menjunjung Tinggi Keluhuran Martabat Manusia,” ujar Romo Ruky sapaan Romo Bernardus Rukiyanto SJ melalui sambungan telepon kepada Redaksi HIDUPKATOLIK.com.

Perarakan Kandang Natal di Kampus USD Mrican. (Dok. FB CM Sanata Dharma)
Perarakan Kandang Natal di Kampus USD Mrican. (Dok. FB CM Sanata Dharma)

Prosesi perarakan Kandang Natal yang mengangkat tema “Sukacita Melahirkan Kehidupan” ke seluruh wilayah kampus USD ini dimulai pada Kamis, 24/11, dari Kapel St. Robertus Bellarminus, Kampus I USD Mrican. Prosesi tersebut diawali dengan ibadat dipimpin Wakil Rektor III USD, Romo P. Mutiara Andalas SJ.

Setelah ibadat singkat di Kapel Bellarminus, kandang diarak menuju ke Kampus 2 USD. Di Gedung Perpustakaan Pusat USD, Wakil Rektor I USD, Tarsisius Sarkim menerima rombongan perarakan dan memasang atap jerami. Sebelum diberi atap, terlebih dahulu dipasang bilah atap kandang yang melambangkan dua moto USD “Cerdas dan Humanis”. Moto ini memiliki makna bahwa kampus USD adalah simbol naungan, cita-cita dan juga harapan mendidik manusia yang cerdas dan humanis. Di tempat ini pula kemudian diadakan Ekaristi Pembukaan kegiatan Perarakan Kandang Natal keluarga besar USD.

Romo Mutiara Andalas dalam khotbahnya mengungkapkan bahwa kandang ini menjadi titik nol bagi seluruh warga USD untuk terus berusaha agar-agar benih-benih kehidupan yang telah ditaburkan Tuhan di Sanata Dharma dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Selama 1 Minggu Kandang Natal berada di Gedung Pusat Kampus 2 USD Mrican. Hari ini kandang tersebut diarak ke Kampus 5 USD Kotabaru. Seminggu setelahnya, akan disemayamkan di Kampus 4 USD Kentungan, dan berakhir di Kampus 3 USD Paingan.

kandang-natal
Penyambutan Kandang Natal di Kampus V USD. (Dok. FB CM Sanata Dharma)
Kandang Natal di tempatkan di Hall Kampus 5 USD. (Dok. Yoseph Kristianto)
Kandang Natal di tempatkan di Hall Kampus 5 USD. (Dok. Yoseph Kristianto)

Romo Ruky yang juga salah satu dosen di Program Studi Pendidikan Agama Katolik-USD ini berharap dengan prosesi Kandang Natal 2016 tersebut hubungan antar seluruh warga USD semakin erat dan semakin menyadari bahwa USD sebagai tempat belajar dan bekerja yang nyaman dengan mendasarkan pada Kristus, “Juga dapat membangun suasana rohani seluruh civitas akademika USD dalam rangka menyambut kelahiran Yesus Kristus,” ujarnya.

A. Nendro Saputro

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here