Paus Bertemu Menlu AS John Kerry

28
Paus Bersama menlu Amerika Serikat John Kerry (Chatolic News Agency)
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – PAUS Fransiskus bertemu dengan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), John Kerry. Kepala diplomat AS ini berada di Roma untuk menghadiri Mediterania Dialog Conference. Konferensi tahunan ini adalah inisiatif Kementerian Luar Negeri Italia dan Kerjasama Internasional, serta Institut Italia Studi Politik Internasional (ISPI).

Setelah pertemuannya dengan Paus Fransiskus, Kerry mengomentari pertemuan di Twitter. “Saya merasa terhormat dapat berbicara dengan Bapa Suci tentang dunia kita yang sedang membangun untuk generasi berikutnya.” Kerry menambahkan ia terinspirasi oleh kata-kata Paus tentang iklim, perubahan, dan pengungsi, demikian seperti diberitakan, Radio Vatikan (3/11).

Tujuan utama dari Mediterania Dialog Conference adalah untuk merancang “agenda positif” untuk wilayah Mediterania. Lebih dari 500 pemimpin dari 55 negara di seluruh dunia yang hadir untuk acara tersebut, termasuk negara-negara seperti Qatar, Arab Saudi, Jerman, Tunisia, Spanyol, Suriah, Belgia, Sudan, Iran, Lebanon, Nigeria, Prancis, Aljazair, Libya, Mesir , Cina, Turki dan Inggris.

Selama kunjungannya, Kerry juga bertemu dengan Sekretaris Negara Vatikan, Kardinal Pietro Parolin dan Sekretaris Hubungan dengan Amerika, Uskup Agung Paul Gallagher. Terakhir kali Kerry mengunjungi Vatikan adalah 14 Januari 2014, menjelang perjalanan Paus ke Amerika Serikat.

Kerry telah melakukan perjalanan diplomatik internasional untuk mempromosikan kesepakatan perdamaian Israel-Palestina. Ia juga mempromosikan keberhasilan konferensi Geneva ke-2 untuk perdamaian di Suriah. Pertemuan Kerry dengan Bapa Suci ini difokuskan membicarakan Timur Tengah, konflik Suriah, situasi Sudan dan isu-isu kebebasan beragama di AS, demikian seperti diberitakan Catholic News Agency, (2/11).

Antonius E Sugiyanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here