Lansia, Semakin Mendalami Hidup Rohani

72
Foto: Suasana sosialisasi Posyandu Lansia KAJ (HIDUP/ Antonius E Sugiyanto)
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – PANITIA Tahun Suci Luar Biasa Kerahiman Allah Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) menyelenggarakan Sosialisasi Posyandu Lansia KAJ di Rumah Sakit Atma Jaya, Jakarta, 10/12. Sebanyak 170-an peserta yang merupakan perwakilan dari seluruh paroki di KAJ hadir dalam sosialisasi ini. Ketua Panitia, dr Ika Belinda mengungkapkan, para peserta ini nantinya akan membantu dalam gerakan Posyandu Lansia di paroki-paroki.

Dalam sosialisasi ini juga hadir dr. Rr Josephine Retno W yang salah satunya berbicara mengenai dimensia pada orang-orang lanjut usia.Banyak faktor bisa menyebabkan dimensia, ungkap dr Retno, diantaranya karena stroke, tumor, atau dapat juga karena alzaimer. Untuk itu, lanjut dr.Retno,  setiap orang harus menjaga pola hidup sehat.

Sementara itu pakar pskologi Dr.dr.Dharmady Agus menyampaikan materi mengenai kecenderungan setiap orang untuk menjadi depresi pada saat tertentu. “Kalau kita punya pemikiran yang positif kita aman, namun dalam keadaan depresi kadang pemikiran cenderung menjadi negative dan cemas, maka tugas kita yang sehat membantu agar yang sedang cemas menjadi tenang,” ungkapnya.

Sedangkan Romo Martinus hadi Widjojo mengungkapkan, bahwa bapak ibu yang berusia lanjut semakin hari menapaki kehidupan yang semakin mendalam dalam hidup rohani. “Dengan adanya posyandu, ingin menunjukkan bahwa setiap lansia harus disiplin untuk memeriksakan diri.”

Antonius E Sugiyanto

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here