Uskup Baru Semarang

188
Mgr Robertus Rubiyatmoko
[Dok. HIDUP]
Rate this post

HIDUPKATOLIK.com - KABAR gembira menghampiri umat Keuskupan Agung Semarang (KAS). Paus Fransiskus telah menunjuk Romo Robertus Rubiyatmoko menjadi Uskup Agung Semarang, Sabtu, 18/3. Hal itu disampaikan dalam pengumuman resmi oleh Administrator Diosesan Semarang Romo F.X. Sukendar Wignyosumarta.

Selama ini, Mgr Rubiyatmoko menjabat sebagai Vikaris Yudisial KAS sejak 2011. Ia juga berkarya sebagai dosen Hukum Gereja di Fakultas Teologi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta dan menjadi formator di Seminari Tinggi St Paulus Kentungan, Yogyakarta.

Mgr Rubiyatmoko lahir di Sleman, 10 Oktober 1963. Perjalanan panggilannya menjadi imam dimulai dengan masuk Seminari Menengah St Petrus Kanisius Mertoyudan, Magelang, Jawa Tengah. Tamat dari sana ia melanjutkan studi filsafat dan teologi di Fakultas Teologi Kepausan Kentungan. Ia ditahbiskan menjadi imam KAS pada 12 Agustus 1992 oleh Uskup Agung Semarang Mgr Julius Riyadi Darmaatmadja SJ. Setelah ditahbiskan, ia ditugaskan di Paroki St Maria Assumta Pakem (1992-1993). Kemudian, ia melanjutkan studi dan meraih gelar doktor Hukum Gereja dari Universitas Gregoriana Roma, Italia. Penunjukkan Uskup Agung Semarang yang baru ini datang menjelang perhelatan Asian Youth Day ke-7 yang akan dipusatkan di Yogyakarta, 30 Juli-9 Agustus 2017.

Yusti H.Wuarmanuk

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here