Sempat Angkat Kursi Bersama Mgr Suharyo, Kini Jadi Uskup

879
Provinsial MSC Indonesia waktu itu, Romo Benedictus Estephanus Rolly Untu MSC (kiri) dan Uskup Agung Jakarta Mgr Ignatius Suharyo mengangkat kursi bersama-sama (HIDUP/Yanuari Marwanto)
3/5 - (2 votes)

HIDUPKATOLIK.com – PROVINSIAL tarekat Misionaris Hati Kudus Yesus (Missionarii Sacratissimi Cordis Jesu/MSC) waktu itu, Romo Benedictus Estephanus Rolly Untu MSC dan Uskup Agung Jakarta, Mgr Ignatius Suharyo, ternyata punya pengalaman menarik. Keduanya pernah mengangkat satu kursi bersama-sama.

Peristiwa itu terjadi ketika Mgr Suharyo mengunjungi Provinsialat MSC di Kemakmuran, Jakarta Barat, 21 Oktober 2013. Kunjungan Mgr Suharyo merupakan sebuah momentum yang berharga dan bersejarah bagi MSC, kata Romo Rolly dalam sambutannya. Hari itu, MSC memperingati 106 tahun wafatnya bapa pendiri tarekat, Beato Jules Chevalier (1824-1907)

Kunjungan itu merupakan yang pertama kali bagi Mgr Suharyo sejak terpilih sebagai Uskup Agung Jakarta pada 28 Juni 2010. Sekaligus mengulang kunjungan Uskup Agung Jakarta ke Provinsialat MSC setelah 34 tahun. Kunjungan terakhir terjadi saat Mgr Leo Sukoto SJ sebagai Uskup Agung Jakarta.

Usai tatap muka dan hendak foto bersama, hampir semua yang hadir dalam pertemuan itu menyingkirkan kursi dan meja agar ruangan menjadi lapang, dan seluruh yang datang dalam pertemuan itu bisa masuk dalam satu frame foto. Mgr Suharyo dan Romo Rolly pun tak ketinggalan. Mereka ikut mengangkat kursi bersama-sama.

Romo Benedictus Estephanus Rolly Untu MSC (Dok. Pribadi)
Romo Benedictus Estephanus Rolly Untu MSC (Dok. Pribadi)

Hari ini, Rabu, 12/4, Paus Fransiskus menunjuk Romo Rolly sebagai Uskup baru Manado, Sulawesi Utara.  Berita penunjukkan mantan Provinsial MSC itu dibacakan oleh Uskup Manado Mgr Josephus Theodorus Suwatan MSC saat Misa Krisma di Gereja Hati Tersuci Maria Katedral Manado. Imam yang dulu sempat memikul kursi bersama Mgr Suharyo, kini menjadi bagian kolegium para Uskup Indonesia.

 

Yanuari Marwanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here