Dubes Vatikan untuk Indonesia Ditugaskan ke Nigeria

341
Mgr Antonio Guido Filipazzi
[Dok. HIDUP]
1/5 - (1 vote)

HIDUPKATOLIK.com – MGR Antonio Guido Filipazzi, Nunsius Apostolik untuk Indonesia (Duta Besar Vatikan untuk Indonesia) mendapat tugas baru dari Paus Fransiskus untuk menjadi Dubes Vatikan di Nigeria, Afrika. Pengumuman ini secara resmi dikeluarkan Takhta Suci pada hari ini, Rabu, 26/4, pukul 12.00 waktu Roma atau sekitar pukul 17.00 WIB, seperti dilansir www.news.va (26/4).

Situs Konferensi Waligereja Indonesia (KWI), www.mirifica.net juga telah melansir berita resmi seperti yang disampaikan oleh Sekretaris Eksekutif KWI, Pastor Siprianus Hormat. “Beliau diangkat Takhta Suci menjadi Duta Vatikan untuk Nigeria,” ungkap Romo Sipri seperti dilansir www.mirifica.net (26/4).

Mgr Filipazzi telah mengemban perutusan sebagai Dubes Vatikan untuk Indonesia sejak 23 Maret 2011. Saat itu, Uskup Agung kelahiran Melzo, Milan, Italia: 8 Oktober 1963 ini menggantikan Mgr Leopoldo Girelli (2006-2011), yang sejak 13 Januari 2011 diutus Bapa Suci sebagai Nunsius Apostolik untuk Singapura, sekaligus Delegatus Apostolik untuk Malaysia dan Brunai Darrussalam, serta Ofisial untuk Vietnam.

Mgr Filipazzi merupakan imam Keuskupan Ventimiglia-San Remo, Italia, yang menerima tahbisan imamat pada 10 Oktober 1987, pada usia 24 tahun, dari tangan Uskup Agung Emeritus Genova-Bobbio (kini Keuskupan Agung Genoa), Kardinal Giuseppe Siri. Doktor Hukum Gereja dari Universitas Kepausan Athaeneum, Roma (1989-1992) ini ditunjuk sebagai Uskup Agung Tituler Sutrium pada 8 Januari 2011. Ia menerima tahbisan episkopal pada 5 Februari 2011 dari Paus Benediktus XVI, didampingi Dekan Kolegium Kardinal dan Sekretaris Emeritus Negara-Kota Vatikan, Kardinal Angelo Sodano dan Sekretaris Negara-Kota Vatikan serta Camerlengo saat itu, Kardinal Tarcisio Pietro Evasio Bertone SDB.

Selama enam tahun berkarya di Indonesia, Mgr Filipazzi telah meninggalkan banyak kesan yang mendalam bagi langkah maju Gereja Katolik di Indonesia. Sebagai Nunsius Apostolik, ia merupakan perwakilan Takhta Suci yang aktif hadir dan mengunjungi aneka peristiwa iman hampir di seluruh pelosok Nusantara. Selamat menjalani tugas perutusan yang baru di Benua Hitam, Monsinyur…

R.B.E. Agung Nugroho

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here