Surat Paus Fransiskus Sebelum Pentahbisan Uskup Agung Semarang

368
Mgr Ignatius Suharyo menunjukkan Surat keputusan dari Paus Fransiskus atas penunjukkan Mgr Robertus Rubiyatmoko sebagai Uskup Agung Semarang
Rate this post

MGR Ignatius Suharyo menanyakan perihal surat penunjukkan dari Paus Fransiskus atas penunjukkan Uskupa Agung Semarang yang baru. Pertanyaan ini mengawali Misa Tahbisan Uskup Agung Semarang, Mgr Robertus Rubiyatmoko di Lapangan Bayangkara, Akpol Semarang, 19/5.

Sesaat kemudian, Mgr Antonius Guido membacakan surat keputusan Paus Fransiskus perihal penunjukkan Mgr Rubiyatmoko sebagai Uskup Agung Semarang. “Kepada Putra Terkasih Robertus Rubiyatmoko dari Klerus Gereja Metropolitan Semarang yang diangkat sebagai Uskup Agung Metropolitan dari tahta yang sama,” demikian Duta Besar Vatikan untuk Indonesia ini mengawali.

Dengan penujukkan ini, Mgr Rubiyatmoko kemudian mengungkapkan kesediaannya untuk menerima tugas suci sebagai Gembala Utama KAS. “Kapanpun Gereja membutuhkan saya siap, apapun yang Sri Paus minta saya laksanakan.”

Ia menyadari martabat Uskup adalah suatu anugerah istimewa yang pantas disyukuri sekaligus suatu salib indah yang mesti ditekuni. Panggilan ini, tegas Mgr Rubiyatmoko, merupakan rahmat  untuk makin dekat dengan Tuhan agar mampu melayani Gerejanya.

Setelah pembacaan surat keputusan dan kesediaan Mgr Rubiyatmoko untuk menerima tugas dari Paus, maka Mgr Suharyo kemudian melanjutkan Misa Pentahbisan.

——

Berikut isi lengka surat keputusan Paus Fransiskus untuk pengangkatan Uskup Agung Semarang:

 

Fransiskus, Uskup

Hamba dari Para Hamba Allah

 Kepada Putra Terkasih Robertus Rubiyatmoko dari Klerus Gereja Metropolitan Semarang yang diangkat sebagai Uskup Agung Metropolitan dari tahta yang sama.

 Salam dan Berkat Apostolik

 Dengan memperhatikan semua gereja lokal karena kewajiban apostolik tertinggi kami yang kami laksanakan hari ini, kami berpendapat patut memperhatikan Gereja Metropolitan Semarang yang saat ini tahtanya lowong karena kematian Gembalanya Yohanes Maria Pujasumarta yang kami kenang kebaikannya.

 Dan karena Anda Putera Terkasih memiliki kurnia hati dan pikiran yang elok dan ahli dalam bidang pastoral serta Hukum Kanonik kami pandang pantas menjadi pemimpin dari gereja ini setelah memperhatikan kesimpulan Kongregasi bagi Evangelisasi Bangsa-bangsa maka berdasarkan kuasa Apostolik kami, kami mengangkat Anda menjadi Uskup Agung Metropolitan Semarang dan memberi semua hak dan kewajibannya.

 Mengenai tahbisan episkopal Anda, kami mengizinkan agar Anda dapat menerimanya di luar Kota Roma melalui setiap Uskup Katolik sambil minta hati pedoman liturgi. Sebelumnya Anda harus melakukan pengakuan Iman Katolik dan mengucapkan sumpah kesetiaan kepada kami dan penerus kami seturut Hukum Kanonik. Kami memerintahkan juga agar surat ini disampaikan juga kepda klerus dan umat ini serta kami menganjurkan klerus juga umat agar menerima Anda dengan tangan terbuka dan tetap bersatu dengan Anda.

 Terakhir, kepada Anda Putera Terkasih, melalui perantaraan Santa Perawan Maria, kami mohonkan karunia terbaik dari Surga sehingga dalam pimpinan Anda dan dengan mengikuti teladan Anda, umat beriman Semarang setiap harinya dapat semakin mengenal dan mengasihi Allah serta dengan mengikutiNya dapat berjuang untuk menjadi suci sambil mengingat perkataan pendahulu kami Santo Leo Agung,“Sesungguhnya Allah sendiri berkata, jadilah kudus karena Aku kudus. Lakukanlah apa yang aku kasihi. Kasihilah apa yang aku lakukan.”

 Semoga rahmat dan damai Allah selalu bersama Anda dan semua klerus serta umat beriman dari tahta Metropolitan terkasih di Indonesia.

 Diberikan di Roma dari Santo Petrus pada tanggal 18 Maret 2017 pada tahun kelima Kepausan kami

 Fransiskus

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here