Herman Yosep Tan : Cinta Musik Liturgi

235
Herman Yosep Tan
[Dok. Pribadi]
5/5 - (1 vote)

HIDUPKATOLIK.com - MUSIK dalam liturgi Gereja Katolik tak bisa sembarangan dipilih atau diciptakan. Seperti mendiang Kardinal Domenico Bartolucci (1917-2013), komposer musik liturgi yang setia kepada teks biblis dalam setiap karyanya, Herman Yosep Tan memegang semangat ini dalam mendampingi Capella Victoria Jakarta (CVJ) di setiap penampilannya.

Sejak berdiri tahun 2006, CVJ mulai membawakan karya-karya Kardinal Bartolucci. Sebagai pendiri CVJ, Herman ingin menampilkan keindahan dan keagungan karya musik liturgi. “Saya menyukai musik liturgi sejak masa kuliah. Awalnya suka begitu saja, tidak ada maksud untuk mendalami secara serius,” ungkap kelahiran 31 Oktober 1977 ini.

Herman berpendapat, musik liturgi yang baik tak cukup hanya berdasar pengalaman spiritual dan iman sang pencipta. “Musik liturgi yang baik, harus mengabdi kepada teks, sehingga musik yang tercipta bisa menjadi sebuah pewartaan Sabda Tuhan,” kata alumnus STIE Indonesia Rawamangun, Jakarta Timur itu.

Meski tak pernah menjalani pendidikan musik secara khusus, Herman mendalami musik liturgi dengan serius. “Saya menilai, beberapa karya musik yang kadang dipakai dalam liturgi di Indonesia, kadang tidak mengabdi pada teks,” ungkap pengagum komposer Geovanni Pierluigi da Palestrina ini.

Antonius E. Sugiyanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here