Wim Wenders : Bikin Film Bareng Paus

146
Wim Wenders
[tasteofcinema.com]
4.2/5 - (5 votes)

HIDUPKATOLIK.com - PAUS Fransiskus akan menjadi Paus pertama yang terlibat langsung sebagai tokoh protagonis dalam sebuah film dokumenter. Dalam Festival Film Cannes diumumkan bahwa produser film Wim Wenders didaulat menjadi sutradara film bertajuk “Pope Francis-A Man of His Word”. Dalam proses pembuatan film ini, Wenders telah diberi akses bebas untuk wawancara dengan Paus, serta diberi izin menggunakan beberapa arsip Vatikan. Film ini masih dalam proses produksi, dan belum ada waktu yang pasti untuk dirilis.

Film non fiksi sejarah ini bukanlah film biografi Paus, melainkan sebuah proyek film bersama Vatikan. Seperti diberitakan Radio Vatikan pertengahan Mei lalu, film ini akan mengungkapkan pandangan Paus tentang isu tanggung jawab ekologis, imigrasi, perilaku konsumen, dan keadilan sosial.

Paus Fransiskus, ujar Wenders, adalah sosok yang konsisten. “Ia bertindak sesuai dengan yang ia katakan,” ujar pembuat film asal Jerman, dramawan, penulis, dan fotografer ini. Dalam film, lanjut Wenders, Paus akan berbicara dengan jujur dan spontan, tanpa skenario. “Film ini untuk semua orang, karena pesan-pesan Paus Fransiskus ditujukan untuk semua orang. Film ini akan membawa pesan tentang belas kasih dan kemanusiaan bagi seluruh dunia,” ujar sutradara terbaik dalam Festival Film Cannes 1987 dengan film Wings of Desire. Wenders juga banyak menggondol berbagai penghargaan, seperti menerima tiga nominasi Academy Award untuk kategori Best Documentary Feature: Buena Vista Social Club (1999), Pina (2011), dan The Salt of the Earth (2014).

Y. Prayogo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here