Konser Paduan Suara Cappella Victoria Jakarta (CVJ) di Roma

318
Konser Capella Victoria Jakarta di Roma
5/5 - (2 votes)

PADA akhir pekan pertama di awal musim panas tahun 2017 ini, kota Roma disuguhi penampilan memukau dari kelompok paduan suara Cappella Victoria Jakarta (CVJ). Kelompok paduan suara lintas paroki yang berbasis di paroki Santa Theresia Lisieux Menteng, Jakarta Pusat ini menjadi satu-satunya perwakilan dari Indonesia dan juga Asia yang memeriahkan rangkaian acara peringatan 100 tahun lahirnya Kardinal Domenico Bartolucci (1917-2013). Almarhum Kardinal Bartolucci pernah menjabat sebagai direktur Paduan Suara Kapel Sistina serta Akademi Nasional Santa Sisilia. Semasa hidupnya, ia juga dikenal sebagai dirigen dan komposer nyanyian liturgi yang handal.

Atas undangan Yayasan Domenico Bartoluci di Italia, CVJ yang dipimpin oleh Herman Yoseph Tan dan beranggotakan 45 personel tersebut hadir membawakan komposisi-komposisi karangan Kardinal Bartolucci. Ratusan hadirin memenuhi bangku-bangku gereja Sant’Ignazio in Campo Marzio yang terletak di jantung kota Roma tersebut. Tampak bahwa para romo, bruder, suster dari Indonesia, warga setempat, maupun para wisatawan yang kebetulan sedang berkunjung ke gereja ini, menikmati lagu-lagu yang dibawakan oleh paduan suara yang memang mengkhususkan diri pada nyanyian-nyanyian liturgi gregorian, klasik, barok, dan sebagainya ini. Hadir pula duta besar Republik Indonesia untuk Tahta Suci, Bapak Antonius Agus Sriyono beserta istri.

Setelah selama kurang lebih satu jam melantunkan nyanyian-nyanyian liturgi karangan Kardinal Bartolucci, para hadirin mendapatkan bonus berupa sebuah lagu Ave Maria dengan nuansa etnik jawa karangan R.A.J Soedjasmin. Tak lupa, CVJ membawakan dua buah lagu nasional, Indonesia Tanah Air Beta dan Tanah Airku yang membangkitkan semangat nasionalisme para warga Indonesia yang hadir. Tepuk tangan membahana dari para hadirin mengakhiri konser CVJ di kota abadi ini. Menurut Simon Andriyan Permono, ketua rombongan, semua upaya dan kerja keras yang dilakukan oleh seluruh anggota CVJ selama ini merupakan usaha untuk mewartakan bahwa Gereja Katolik memiliki tradisi musik liturgi yang luar biasa. Selanjutnya dari Roma, CVJ masih akan melanjutkan rangkaian konser mereka di Basilika Sant’Agapito Martire di Palestrina serta di Basilika Superiore di San Francesco di Assisi.

Victorrianus Palma Adi Hantoro (Roma-Italia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here