Valentina Devi Elsa Kurniati dan Maria Kristiyani : Duo Sinden Muda

250
Valentina Devi Elsa Kurniati dan Maria Kristiyani
[HIDUP/Andreas Anggit W.]
Valentina Devi Elsa Kurniati dan Maria Kristiyani : Duo Sinden Muda
3 (60%) 3 votes

HIDUPKATOLIK.com – VALENTINA Devi Elsa Kurniati dan Maria Kristiyani menambah keindahan pementasan wayang kulit dalam acara Pesta Emas Stasi Ekaristi Sumber Arum, Paroki Kabar Gembira Kotabumi, Keuskupan Tanjung Karang. Mereka merupakan dua orang muda Katolik dari lima sinden yang ada. Elsa dan Kristi bergabung dengan grup wayang kulit sejak duduk di bangku SMA. “Awalnya diajak Kristi dan cuma mau ikut-ikutan saja. Tapi ternyata malah ketagihan,” papar Elsa, gadis yang kini duduk di kelas dua belas ini, sambil tersenyum.

Valentina Devi Elsa Kurniati dan Maria Kristiyani
[HIDUP/Andreas Anggit W.]
Sementara Kristi mulai tertarik menjadi sinden sejak kelas sepuluh. Ketertarikannya bermula saat Guru karawitan di sekolah memperkenalkan cara-cara nyinden. Mulai dari olah vokal hingga cengkok-cengkok dalam bernyanyi Jawa. “Yang sangat sulit itu cara pengucapan syair. Meski saya orang Jawa, tapi kurang fasih berbahasa Jawa halus,” tukas anak kedua dari dua bersaudara ini. Menyanyi semalaman suntuk bagi mereka memang cukup berat. Tetapi mereka sudah punya resep agar bisa bertahan hingga gelaran wayang kulit usai.

Sebagai orang muda Katolik yang berani melestarikan budaya Nusantara, mereka berdua patut diacungi jempol. “Sebagai orang muda, kita harus berani melestarikan budaya. Kalau bukan kita siapa lagi? Maka mari kita mulai dari diri sendiri,” pungkas Kristi.

Andreas Anggit W.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here