Kardinal Tagle Tiba di Yogyakarta untuk Asian Youth Day 2017

277
Kardinal Tagle di vanue utama Asian Youth Day 2017
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – Luis Antoniu Gokim Tagle, Kardinal karismatik dari Manila, Filipina, baru saja tiba di Yogyakarta untuk ikut serta dalam Asian Youth Day 2017 (AYD7). Uskup Agung Manila ini, tiba di vanue utama AYD7 menjelang berakhirnya Perayaan Ekaristi hari kedua AYD7, 3/8.

Presiden Caritas International ini, dikenal karena kedekatannya dengan anak muda. Teriakan histeris anak muda selalu membahana manakala Tagle hadir di tengah-tengah mereka. Uskup kelahiran Manila, 21 Juni 1957 ini menjalani masa awal seminari di Seminari San Jose yang terletak di komplek Universitas Ateneo Manila.

Doktor teologi lulusan Catholic University of America ini menjadi dosen di almamaternya. Kemudian ia terpilih untuk ditunjuk Paus Yohanes Paulus II untuk bergabung dalam Komisi Teologi International, dimana ketika itu Joseph Ratzinger menjadi ketua komisi ini.

Kardinal Tagle ditahbiskan menjadi Uskup Imus, Manila pada 12 Desember 2001. Beberapa tahun kemudian ia terpilih menjadi Uskup Agung Manila pada 13 Oktober 2011 menggantikan Kardina Gaudencio Rosales yang masuk usia pensiun.

Paus Benediktus XVI kemudian mengangkat Uskup Tagle menjadi Kardinal pada Konsistori yang diadakan pada 24 Oktober 2012, setahun sebelum pengunduran diri Paus Benediktus XVI.

Antonius E. Sugiyanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here