Menulis itu Ibadah

270
Peserta pelatihan jurnalistik Keuskupan Larantuka berdiskusi untuk menyusun Warta Paroki.
[Dok. Komsos KWI]
1/5 - (1 vote)

HIDUPKATOLIK.com – KOMISI Komunikasi Sosial (Komsos) Keuskupan Larantuka menggelar pelatihan jurnalistik di Rumah Bina Saron, Larantuka, Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis-Sabtu, 20-22/7. Pelatihan ini terselenggara berkat kerjasama dengan Komisi Komsos Konferensi Waligereja Indonesia (KWI).

Pelatihan ini juga menjadi lawatan perdana Tim Komisi Komsos KWI di Larantuka. Tim tersebut terdiri dari Sekretaris Komisi Komsos KWI, Romo Kamilus Pantus; Wakil Ketua Komisi Komsos Keuskupan Ruteng, Romo Heribertus Ratu; serta dua narasumber: penulis dan trainer berpengalaman, A.A. Kunto dan wartawan Majalah HIDUP, R.B.E. Agung Nugroho. Mereka disambut Uskup Larantuka Mgr Franciscus Kopong Kung, Ketua Sekretariat Pastoral (Sekpas) Larantuka Romo Eduardus Jebarus, Ketua Komisi Komsos Larantuka Romo Tobias Tube Kerans, dan beberapa imam Diosesan Larantuka.

Mgr Frans menggarisbawahi pentingnya karya pewartaan melalui pekerjaan tulis-menulis dalam media. “Pekerjaan menulis merupakan salah satu bentuk ibadah, karena di dalamnya, tulisan-tulisan itu ingin menyampaikan pesan pewartaan, Kabar Baik dari Allah,” tegas Mgr Frans.

Romo Tobias berharap, pelatihan ini mampu meningkatkan kualitas dan kompetensi para pelaku Komsos Paroki, sehingga memantik geliat Komsos Larantuka. “Kami berkomitmen untuk membantu Komisi Komsos Keuskupan Larantuka yang mengelola majalah ‘San Dominggo’ dan mampu memanfaatkan aneka media yang ada,” ujarnya. Peserta pelatihan berjumlah 32 orang yang berasal dari utusan Seksi Komsos Paroki, Sekolah Menengah Katolik, bahkan karyawan Credit Union (CU) Sinar Saron di Keuskupan Larantuka.

Yustinus H. Wuarmanuk
Laporan: R.B.E. Agung Nugroho (Larantuka)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here