Seratus Persen Katolik Seratus Persen Indonesia

562
Pawai obor umat Paroki Santa Maria Nyarumkop, Singkawang.
5/5 - (2 votes)

HIDUPKATOLIK.com – Senja di langit kota Singkawang turun begitu cepat. Diringi gerimis hujan yang turun sejak petang. Tanggal 16 Agustus 2017 tepat di halaman gereja Katolik Santa Maria Nyarumkop, masyarakat yang terdiri dari keluarga besar Persekolahan katolik Nyarumkop (PKN), Orang Muda Katolik (OMK) dan umat setempat berkumpul.

Mereka akan berarak di sepanjang jalan dengan membawa obor (Pawai obor). Acara ini dibuat dalam rangka menyambut dan memperingati hari Kemerdekaan RI yang ke 72 tahun. Cuaca yang begitu dingin tidak menyurutkan semangat kelurga besar PKN, OMK dan Umat Paroki Santa Maria Nyarumkop untuk berarak.

Perarakan dimulai dari halaman gereja menuju kearah timur sampai batas Kelurahan Nyarumkop dan Kelurahan Bagak Sahwa dilanjutkan kearah barat sampai di depan Polsek Singkawang Timur kemudian kembali lagi menuju halaman gereja. Acara ditutup dengan renuangan yang dipimpin oleh Pastor Crispinus, OFM.Cap selaku Pastor kepala paroki Nyarumkop.

Pastor Crispin, OFM.Cap memulai renungannya dengan menyanyikan lagu Padamu Negeri disambung dengan lagu “Ya Allah” dari Iwan Fals. Isi dan makna dari lagu-lagu tersebut sungguh mewakili perasaan peserta pawai obor tersebut. Rasa cinta akan tanah air yang diperjuang oleh para pejuang-pejuang mengalir deras dalam nadi masing-masing. Kegelisaan pun menyeruap seperti isi lagu “Ya Allah” nya Iwan Fals. Kegelisahan terhadap peristiwa-peristiwa yang sedang dihadapi oleh bangsa Indonesia saat ini. Diakhir renungannya, Pastor Crispin menutup dengan doa permohonan untuk arwah para pahlawan dilanjutkan dengan doa Bapakami dan diakhiri dengan lagu Indonesia Raya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here