Merawat Bumi, Jalan Kekudusan

277
Para suster ikut dalam gerakan “Walk for Creation” di Manila, Filipina (CBCPNews)
3/5 - (2 votes)

HIDUPKATOLIK.com – KARDINAL Luis Antonio Gokim Tagle menegaskan, apapun yang kita lakukan terhadap lingkungan pada akhirnya akan kembali kepada kita. Hal itu ia katakan di hadapan lebih dari 2000 umat Katolik saat memimpin Misa menandai Hari Doa Sedunia untuk Pemeliharaan Ciptaan-Nya. Kegiatan bertajuk “Walk for Creation” digelar di Luneta Park, di tepi Teluk Manila, Filipina. Gerakan doa untuk perawatan lingkungan ini diadakan setiap 1 September. Rangkaian acara akan terus bergulir hingga 4 Oktober, tepat pada Pesta St Fransiskus dari Assisi, pelindung ekologi.

Aktivitas tahunan ini akan ditandai dengan serangkaian kegiatan untuk mempromosikan penyebab kerusakan lingkungan, baik untuk umat Paroki maupun masyarakat luas. Seperti dilansir CBCPNews, (2/9), Kardinal Tagle mengatakan, “Kerusakan lingkungan ini memanggil seluruh umat Katolik untuk menempuh jalan kekudusan dengan merawat semua makhluk ciptaan-Nya.”

Uskup Agung Manila ini mengajak umat untuk melawan nafsu merusak lingkungan. “Itulah budaya yang kita inginkan. Kami menginginkan budaya kepedulian sejati, tanggung jawab sejati atas segala ciptaan Tuhan,” tegas Presiden Caritas Internasional ini.

Konferensi Waligereja Filipina juga meminta semua umat ikut serta dalam gerakan untuk merawat lingkungan. “Mari kita jaga bumi ini. Yang kita lakukan untuk lingkungan di sekitar kita, juga kita lakukan untuk sesama kita, terutama mereka yang miskin dan menderita, serta untuk Tuhan,” ucap Ketua Konferensi Waligereja Filipina Mgr Socrates Villegas.

Y. Prayogo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here