Pastor di Nigeria Ditemukan Tewas

669
Pastor Cyriacus Onunkwo (Agenzia Fides)
2/5 - (2 votes)

 

HIDUPKATOLIK.com – SEORANG imam di Nigeria, Pastor Cyriacus Onunkwo diculik dan dibunuh di negara bagian Imo, Nigeria selatan. Jenazahnya ditemukan di Omuma, Sabtu lalu, 2/9. Menurut kantor berita Agenzia Fides (4/9), polisi setempat mengatakan, tak ada luka di tubuh pastor tersebut. “Kami sedang mengumpulkan semua bukti dan petunjuk. Ini kasus penculikan yang disertai pembunuhan,” ujar komisaris polisi Chris Ezike.

Menurut polisi, pada Jumat, 1/9, Pastor Onunkwo pergi mengendarai mobil dari Orlu menuju Osina, untuk menghadiri pemakaman ayahnya yang meninggal. Sampai di dekat Banana Junction, Amaifeke, ia dihentikan oleh sekelompok orang bersenjata.

Wilayah di Nigeria selatan ini sebenarnya relatif aman, tidak seperti di bagian utara yang dikuasai kelompok militan Boko Haram. Di wilayah Orlu, hampir 70 persen penduduk beragama Katolik. Namun, korupsi dan kekerasan memang masih sering terjadi. Kelompok bersenjata kerap berkeliaran di wilayah ini. Mereka memeras, bahkan menculik untuk mendapatkan uang tebusan.

Menurut berita yang dilansir cruxnow.com (3/9), pada September 2016, Konferensi Waligereja Nigeria pernah mengeluarkan sebuah pernyataan yang meminta pemerintah agar berbuat lebih banyak untuk menghentikan gelombang kejahatan yang semakin meningkat. “Kekerasan politik, korupsi, penculikan, perampokan bersenjata, pembunuhan, dan semua penyakit pada masa lalu, tampaknya semakin menenggelamkan kita dalam lumpur. Kita sekarang diliputi oleh penyakit dan kelaparan. Kurva kejahatan semakin meningkat.” Pada Juli lalu, Pastor Raphael Pankyes juga dibunuh oleh tiga orang di Negara Bagian Plateau, yang terletak di pusat negara tersebut.

Y. Prayogo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here