Jangan Keliru! FMKI-KAJ merupakan Rumah Bersama Rasul Awam dari segala Ormas dan Komunitas Katolik

622
Rapat Kerja perdana Pengurus FMKI-KAJ (Minggu, 10/9) di kantor Konferensi Waligereja Indonesia (KWI), Jl. Cikini 2 No. 10, Jakarta Pusat.
3.7/5 - (3 votes)

HIDUPKATOLIK.COM – Pengurus Forum Masyarakat Katolik Indonesia Keuskupan Agung Jakarta (FMKI-KAJ) masa bakti 2017-2020 menggelar Rapat Kerja perdana padahari Minggu (10/9) bertempat di kantor Konferensi Waligereja Indonesia (KWI), Jl. Cikini 2 No. 10, Jakarta Pusat. Tujuan rapat kerja ini adalah untuk menegaskan misi FMKI KAJ, koordinasi dan sinkronisasi program antar departemen 3 tahun mendatang. Raker dihadiri oleh seluruh pengurus FMKI KAJ dan Badan Pengurus Harian Sekretariat nasional FMKI.

Yulius Setiarto, Ketua FMKI-KAJ, dalam keterangan tertulisnya mengatakan bahwa penyusunan program kerja FMKI-KAJ dimulai dari tahap pra-raker, yaitu: pembahasan program di masing-masing departemen, sinkronisasi program di tingkat steering committee, penegasan misi FMKI KAJ 3 tahun ke depan serta audiensi dengan stakeholders FMKI KAJ yang meliputi ormas katolik, komunitas-komunitas katolik, komisi-komisi di KAJ yang sebidang gerak dengan FMKI-KAJ.

Dalam raker ini, FMKI-KAJ kembali menegaskan posisinya sebagai rumah bersama para rasul awam katolik yang memilih bidang sosial, politik dan kemasyarakatan sebagai cara menanggapi panggilan Allah. Sebagai Rumah Bersama, FMKI-KAJ memiliki misi:

  1. Menyediakan dirinya sebagai “Rumah Bersama” bagi seluruh ormas Katolik di KAJ, memfasilitasi semua kelompok dan melaksanakan fungsi sebagai simpul penggerak program komunitas Katolik di KAJ, serta supporting system untuk komisi-komisi yang ada di KAJ;
  1. Berperan aktif untuk mengisi ruang-ruang kohesif masyarakat, melalui antara lain berpartisipasi aktif menggalang pertemuan-pertemuan lintas iman dan kepercayaan, antar-kelas sosial di masyarakat, guna mendorong kohesi sosial bagi semua yang berkehendak baik di negeri ini;
  1. FMKI-KAJ memandang politik sebagai sebuah tindak mulia untuk meningkatkan martabat masyarakat, yang diwujudkan dengan terlibat aktif mendorong dan mendukung calon-calon kepala daerah di Pilkada 2018, calon-calon legislatif dan Presiden/Wakil Presiden dan Pemilu 2019, khususnya mereka yang paling bisa dipercaya untuk mendorong dan merawat kohesi social dalam bingkai Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI dan UUD 1945;
  1. Mendorong partisipasi nyata orang muda Katolik melalui pelibatan langsung dan sebanyak mungkin orang muda Katolik di dalam berbagai bentuk kegiatan FMKI-KAJ dan pemangku kepentingan terkait, dengan melibatkan diri secara proaktif dengan situasi kemasyarakatan kekinian.

Untuk mewujudkan misi dan program-programnya, FMKI-KAJ membagi 3 bidang, sebagai berikut:

  1. Bidang I, yang terdiri dari Departemen Komunikasi & Media Sosial dan Departemen Kajian Strategis;
  1. Bidang II, yang terdiri dari Departemen Promosi Anti Korupsi, Departemen Kewarganegaraan & Kepemiluan dan Departemen Kebudayaan;
  1. Bidang III, yang terdiri dari Departemen Organisasi dan Departemen Hubungan Antar Lembaga.

Sebelum memulai penyusunan program, para pengurus FMKI-KAJ terlebih dahulu disegarkan dengan sejarah, cita-cita dan tujuan berdirinya FMKI oleh Bpk. Djoko WIyono, sebagai salah satu mantan Ketua Umum dan pendiri FMKI. Rapat kerja ditutup dengan misa perutusan yang dipimpin oleh Rm. Y. Mangkey. MSC, selaku Pastor Moderator FMKI-KAJ.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here