Memasyarakatkan Pancasila, Mempancasilakan Masyarakat

834
Uskup Agung Jakarta Mgr.Ignatius Suharyo berkunjung kepada Kyai Haji (KH) Maski, ketua FKUB di Kresek, kabupaten Tangerang
5/5 - (1 vote)

HIDUPKATOLIK.com – Melanjutkan safari perjalanan di kota Tangerang dalam rangka Tahun Persatuan, Uskup Agung Jakarta Mgr. Ignatius Suharyo, juga berkunjung kepada Kyai Haji (KH) Maski, ketua FKUB kabupaten Tangerang di Kresek, Kabupaten Tangerang, setelah sebelumya telah berkunjung ke pesantren Al Falahiyah, asuhan Kyai Sepuh Haji Afif Asytari pada Selasa (09/01).

Dalam kesempatan tersebut, Uskup Suharyo menyampaikan kepada KH.Maski bahwa Keuskupan Agung Jakarta di tahun ini mencanangkan Tahun Persatuan.

KH.Maski menanggapi, betapa pentingnya peranan para ulama dari berbagai macam agama dalam memasyarakatkan Pancasila dan mempancasilakan Masyarakat. Apa artinya memasyaratkan Pancasila dan Mempancasilakan masyarakat?

“Setelah saya renungkan Lagu Kebangsaan “Indonesia Raya”, hal itu merupakan wujud nyata dari syairnya “bangunlah jiwanya, bangunlah badannya”. Karakter bangsa Indonesia harus dibangun dengan nilai-nilai Pancasila”, ungkap KH.Maski.

Ketika nilai-nilai Pancasila sudah mendarah daging dalam setiap warga Negara Indonesia dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari, terciptalah masyarakat yang berpancasila.

Sebelum berpamitan, Uskup Suharyo pun sangat terkesan dengan kedalaman para ulama Muslim.

Uskup Suharyo didampingi oleh beberapa anggota Seksi HAAK dan Kepala Paroki Citra Raya, Gereja Santa Odilia, Romo Felix Supranto,SS.CC., bersama dengan Kyai Haji Ardani (Sekretaris FKUB-Forum Kerukunan Umat Beragama kabupaten Tangerang, juga sebagai Pimpinan Pondok Pesantren Asifiyah, Cisoka), Nur Wahyudi (Sekretaris FKUB).

Romo Felix Supranto, SS.CC

 

Editor: A.Bilandoro

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here