Safari Adorasi di Fakfak

220
[Dok.Renungan Iman Katolik; Studio 8'60]
Safari Adorasi di Fakfak
3 (60%) 2 votes

HIDUPKATOLIK.com – LITURGI adalah sumber utama menimba semangat Kristiani. Dibutuhkan partisipasi sadar dan aktif dari seluruh umat. Bila semangat mengikuti Ekaristi menurun karena ada motivasi yang keliru, yaitu mengikuti Ekaristi karena sekadar berjumpa dengan sesama.

Hal ini disampaikan Kepala Paroki St Maria Merapi Fakfak, Pastor Matheus Sukmawanto dalam perayaan Safari Adorasi, Minggu, 13/05.

Safari Adorasi ini dalam rangka menyambut Novena Roh Kudus tahun ini yang akan dibuka di Stasi St Yoseph Brongkendik dan diakhiri di Stasi Kuama, Fakfak. Pastor Matheus mengatakan tantangan pastoral di Fakfak tidak terlalu terasa karena umat Katolik Fakfak adalah umat yang kuat dalam iman.

“Karena itu kita semua dipanggil kembali ke dalam ruang hidup kita dan melakukan perbaikan terhadap rumah batin kita. Kesibukan-kesibukan kita hendaknya ditinggalkan ketika kita mengalami persatuan dengan Allah dalam Ekaristi,” ujar Pastor Matheus.

Pastor Matheus berharap dengan mengikuti Ekaristi, umat mampu melihat dan menghayati misteri salib. Penderitaan manusia tak ubahnya sebagai refleksi pengalaman penderitaan Yesus. “Memang tidak mudah mengubah mentalitas partisipatif dalam Ekaristi, tetapi ini harus menjadi kebiasaan umat, apalagi dunia zaman ini menawarkan banyak tantangan.”

Marthina Fifin Da Lopez (Fakfak)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here