Hati Yesus Yang Maha Kudus

121
Renungan Harian_Dialog yang Membawa Kebenaran-HIDUP ED.22. [Dok.pallottine-missionaries-rome.com]
Hati Yesus Yang Maha Kudus
3 (60%) 3 votes

HIDUPKATOLIK.com HR Hati Yesus yang Maha Kudus, Hos 11:1.3-4.8-9; Yes 1:2-3.4bcd.5-6; Ef 3:8-12.14-19; Yoh 19:31-37

GAMBARAN Hati Yesus yang Maha Kudus yang dirayakan hari ini akan begitu kuat terasa bila kita membaca bagaimana Allah digambarkan dalam Kitab Nabi Hosea dalam Bacaan Pertama hari ini.

Bagi Israel, Allah telah menunjukkan kasih setia yang luar biasa. Dalam Hosea 11 digambarkan Allah seperti seorang Ibu yang mengasihi anak-anaknya. Bukan cuma itu, dengan kasih yang luar biasa Israel dibesarkan, dituntun, dipanggil menjadi anakNya.

Namun Israel semakin dipanggil, semakin memberontak. Dengan tali kesetiaan dan ikatan kasih Allah membebaskan Israel dari beban hidup mereka. Bahkan digambarkan Allah tidak segan-segan mendekat untuk memberikan rahmatNya kepada bangsa pilihan ini.

Hos 8:11 membuat kita tercengang karena di situ Allah mengungkapkan “HatiKu berbalik dalam diriKu, belas kasihanKu bangkit serentak.” Artinya mengasihi Israel bukanlah sesuatu yang otomatis belaka bagi Allah.

Dengan sebuah penggambaran yang begitu hidup, dikatakan Hati Allah berontak dalam diriNya, antara mengasihi dan mau menghukum bangsa yang tidak setia ini. Allah menegaskan bahwa Aku adalah Allah, bukan manusia.

Maka kualitas hati Allah pun berbeda dengan kualitas hati manusia. Kasih Allah mengalahkan segala pemberontakan dari pihak manusia. Gambaran inilah yang bisa kita temukan dalam pribadi Yesus yang juga memiliki hati yang sungguh penuh kasih dan pengampunan kepada manusia yang berdosa.

 

Pastor Joseph Ferry Susanto – Imam Keuskupan Agung Jakarta, Dosen Kitab Suci STF Driyarkara, Jakarta

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here