Puji Syukur atas Tahbisan dan Perutusan 11 Pastor Diosesan KAS dan 1 Pastor Xaverian

944
Puji Syukur atas Tahbisan dan Perutusan 11 Pastor Diosesan KAS dan 1 Pastor Xaverian
5 (100%) 3 votes

HIDUPKATOLIK.com Kabar gembira datang dari Keuskupan Agung Semarang (KAS) yang telah melangsungkan panen raya imam baru dalam perayaan ekaristi Tahbisan Imamat di kapel Seminari Tinggi St Paulus Kentungan Yogyakarta pada Jumat 29/6, pukul 10.00 WIB.

Dengan moto tahbisan yang telah dipilih bersama, “Layanilah Satu Sama Lain Dalam Kasih (bdk, Gal 5:13), keduabelas Pastor (11 Pastor KAS dan 1 Pastor Serikat Xaverian) telah menerima tahbisan dari Uskup KAS, Mgr. Robertus Rubiyatmoko.

Dalam homilinya, Mgr Ruby membahas lebih dalam tentang moto tahbisan yang diambil dari Surat Paulus kepada umat di Galatia bab 5, ayat 13, “Saudara-saudara, memang kamu telah dipanggil untuk merdeka. Tetapi janganlah kamu mempergunakan kemerdekaan itu sebagai kesempatan untuk kehidupan dalam dosa, melainkan layanilah seorang akan yang lain, oleh kasih.”

Kepada para calon tertahbis, Monsinyur (Mgr) Ruby melontarkan pertanyaan, “konkretnya bagaimana dalam rangka melayani dengan kasih? Apa konteksnya?”

Mgr Ruby menyampaikan bahwa konteksnya adalah kemerdekaan Kristiani. Pelayanan yang dilakukan karena kasih, cintanya kepada Tuhan, yang diwujudkan kepada umat yang dipercayakan kepada mereka.

“Tentu saja pelayanan kasih hanya akan muncul, kalau dilandaskan pada kebebasan, kemerdekaan yang sangat mendalam. Karena kehendak yang bebas, tulus, bukan karena keterpaksaan. Melayani bukan sekadar melayani, tetapi yang muncul dari hati, karena rasa cinta kepada Tuhan,” tutur Mgr Ruby.

Kesebelas imam baru diosesan KAS selanjutnya telah menerima perutusan yang disampaikan oleh Vikaris Jenderal KAS, Pastor Yohanes Rasul Edi Purwanto yakni:

  1. Pastor Petrus Dwi Purnomo Adi, akan menjadi Vikaris Parokial Gondangwinangun
  2. Pastor Andreas Krishna Gunawan, akan menjadi Vikaris Parokial Klepu
  3. Pastor Sbastianus Prasetya Aditama Nagara, akan menjadi Vikaris Parokial Karanganyar
  4. Pastor Gerardus Djoko Surawidjaja, akan menjadi Vikaris Parokial Banyutemumpang
  5. Pastor Lukas Ivan Sanjaya, akan menjadi Vikaris Parokial Boro
  6. Pastor Paulus Tri Ardhianto, akan menjadi Vikaris Parokial Bantul
  7. Pastor Antonius Invarien Alpha Andriyanto, akan menjadi Vikaris Parokial Bandung Wonosari
  8. Pastor Yohanes Sigit Heriyanto, akan menjadi Vikaris Parokial Babatan
  9. Pastor Antonius Hendri Atmoko, akan menjadi Vikaris Parokial Sedayu
  10. Pastor Oktavianus Eka Novi Setyanta, akan menjadi Vikaris Parokial Wonosari
  11. Pastor Thomas Ari Wibowo, akan menjadi Vikaris Parokial Wonogiri

“Disampaikan bahwa SK dibuat hari ini, tetapi akan berlaku efektif pada 15 Juli,” tandas Pastor Edi Purwanto.

Sementara satu imam Xaverian, Pastor Robertus Kardi, SX, didelegasikan ke negara Spanyol, sesuai keputusan dari Wakil Superior General, Pastor Mario Carmelo Mula, tertanggal 22 Mei 2018.

Anda dapat menyaksikan kembali tayangan “live streaming” oleh KOMSOS KAS, misa Tahbisan Imam dengan mengklik tautan youtube diatas.

Mari kita doakan untuk keduabelas imam baru yang akan merasul, semoga Tuhan memberkati senantiasa dalam menghidupi karya dan panggilan hidup mereka.

 

Antonius Bilandoro

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here