Menggali Kepemimpinan Yesus

148
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com YESUS merupakan tokoh yang kharismatik dan berpengaruh di zamannya. Keempat Injil secara terang menjabarkan bagaimana Yesus hadir dan tampil untuk berkarya di publik Israel saat itu.

Ia selalu berjalan bersama dua belas muridnya untuk mewartakan kerajaan Allah. Buku ini berusaha menggali tokoh Yesus. Buku ini memulai ulasannya dari latar belakang keluarga, masyarakat, tanah air, negeri dan bangsa Yesus hingga pada akhirnya menawarkan bagaimana mengikuti Yesus sebagai pemimpin.

Buku ini bersumber kepada keempat Injil namun isinya bukan tentang agama Kristiani, tafsir atau teologi Kitab Injil dan bukan perbandingan dengan agama lain. Secara keseluruhan buku ini menitik-beratkan pada Yesus sebagai pemimpin dan kepemimpinannya dari sudut pandang teori dan praktik.

Yesus, sebagaimana dicatat dalam keempat Injil, mewujudkan visi dan misi serta mencapai tujuan serta sasaran kerjanya. Ini menunjukkan bukti yang kuat bahwa apa yang dipraktikannya merupakan bentuk dari pemimpin dan kepemimpinan.

Meskipun demikian, murid-murid Yesus tidak memanggilnya sebagai pemimpin, melainkan memanggilnya sebagai Tuhan dan guru. Kepemimpinan (Yesus) yang dimaksud penulis pun tidak menggunakan teori-teori kepemimpinan yang lazim dipakai saat ini.

Ini sekaligus menawarkan kepada pembaca bahwa Yesus memiliki kepemimpinan yang khas. Ia tampil dan mempraktikkan dalam keseharian hidup-Nya. Apa yang ditampilkan oleh Yesus menunjukkan karakter seorang pemimpin yang sejati.

Mulai dari karakter, kecerdasan, menolak berbagai godaan, membimbing para muridnya terutama menjadi harapan bagi masyarakat saat itu. Penulis juga mengajak pembaca untuk meneladani kepemimpinan Yesus.

Dari karya-karya Yesus sepanjang hidup-Nya, yang mudah ditemukan dalam injil. Karya-Nya menginspirasi umat kristiani abad kini terutama dalam menghadapi krisis pemimpin dan kepemimpinan.

Judul : Yesus Pemimpin, Menggali Inspirasi Kepemimpinan dari Praktik dan Kinerjanya
Penulis : A.M Mangunhardjana SJ
Penerbit : OBOR, Juli 2018
Tebal : xi & 247 halaman

 

Willy Matrona

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here